Rekayasa Lalu Lintas Arus Balik Natal 2023 Diberlakukan Hari Ini, Simak Rinciannya!

PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberlakukan rekayasa lalu lintas arus balik Natal 2023 pada Selasa (26/12) untuk mengantisipasi peningkatan volume kendaraan.

Rekayasa Lalu Lintas Arus Balik Natal 2023 Diberlakukan Hari Ini, Simak Rinciannya!
Rekayasa Lalu Lintas Arus Balik Natal 2023 Diberlakukan Hari Ini, Simak Rinciannya! Gambar : Gambar : Dok. Jasa Marga

BaperaNews - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberlakukan sejumlah rekayasa lalu lintas pada Selasa (26/12) untuk mengantisipasi peningkatan volume kendaraan dari arah Timur menuju Jakarta.

Lisye Octaviana, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, mengungkapkan bahwa atas diskresi Polri, rekayasa lalu lintas one way di Jalan Tol Cipali akan diberlakukan mulai dari KM 188 Gerbang Tol (GT) Palimanan hingga dengan Km 72 Cikampek dari pukul 14.00 hingga 24.00 WIB pada hari tersebut.

Tidak hanya itu, contraflow juga akan diterapkan dari Km 72 Cikampek sampai Km 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta, dengan pelaksanaan yang akan bergantung pada kebijaksanaan Polri.

"Jasa Marga siap mendukung pemberlakuan rekayasa lalu lintas tersebut dengan menyiapkan petugas serta perambuan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang dikelola oleh PT Jasamarga Transjawa Tol," ujarnya dalam keterangan tertulis.

Pemberlakuan rekayasa lalu lintas ini juga akan memanfaatkan sarana dan prasarana yang dioperasikan oleh PT Jasa Marga. GT Cikampek Utama, sebagai gerbang tol yang melayani lalu lintas one way, akan dioptimalkan dengan 15 gardu tol operasi dan penyiagaan 20 mobile reader untuk melayani transaksi ke arah Jakarta.

Baca Juga : Lalu Lintas Tol ke Siantar dan Tebing Tinggi Naik 111,2 Persen Saat Natal 2023

Pengguna jalan dari arah Jakarta menuju Cikampek atau arah Timur (Jalan Tol Cipali) akan dialihkan ke GT Cikampek Km 72 untuk melanjutkan perjalanan melalui jalan nasional Pantura dan masuk kembali ke Jalan Tol Trans Jawa arah Semarang melalui GT Palimanan 3 Jalan Tol Palimanan-Kanci.

"Sementara itu, bagi pengguna jalan dari arah Bandung (Cipularang/Padaleunyi) menuju arah Jakarta maupun dari arah Jakarta menuju Bandung masih bisa menggunakan Jalan Tol Jakarta-Cikampek secara normal," kata Lisye.

Ia juga mengingatkan pengguna jalan untuk kembali ke Jabodetabek agar selalu berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu-rambu, dan mengikuti arahan petugas di lapangan.

Berikut adalah sejumlah rekayasa lalu lintas yang diberlakukan pada hari itu mulai pukul 14.00 hingga 24.00 WIB di beberapa ruas jalan tol menuju Jakarta:

  • Rekayasa lalu lintas one way dari Km 188 GT Palimanan hingga Km 72 GT Cikampek Utama.
  • Contraflow menggunakan 2 lajur dari Km 72 sampai Km 47.
  • Dari Km 47 sampai Km 36 menggunakan contraflow 1 lajur.

Kendaraan dari Bandung yang menuju Cirebon melalui Tol Cisumdawu akan dikeluarkan di Exit ujung Jaya-Majalengka-Cirebon-Palimanan 3.

Kendaraan yang berada pada jalur one way arah balik dapat keluar melalui Gate Interchange seperti Sumber Jaya, Kertajati, Cisumdawu, Cikedung, Subang, Kalijati, Cikopo.

Baca Juga : Puluhan Ribu Wisatawan Serbu Bandung, Gerbang Tol Pasteur Macet oleh Kendaraan