Rangkuman Situasi Terkini Rusia Invasi Ukraina, Jumat 11 Maret 2022

Memasuki hari ke 16 Invasi Rusia ke Ukraina, negosiasi untuk gencatan senjata di beberapa wilayah terus berjalan meskipun serangan Rusia masih terjadi di sejumlah lokasi strategis. Simak berita lengkapnya!

Rangkuman Situasi Terkini Rusia Invasi Ukraina, Jumat 11 Maret 2022
Situasi Terkini Rusia Invasi Ukraina. Gambar: AP/ Dok. Emilio Morenatti

BaperaNews - Invasi Rusia ke ukraina sudah masuk hari ke 16 pada hari ini Jumat 11 Maret 2022, negosiasi untuk gencatan senjata di beberapa wilayah terus berjalan namun serangan Rusia masih terjadi di sejumlah lokasi strategis.

Berikut rangkuman situasi terkini terkait invasi Rusia:

  1.       AS Tuduh Rusia Memakai Senjata Biologis

AS memperingatkan Rusia bias saja memakai senjata biologis dalam invasi mereka ke ukraina, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS, Ned Price mengungkap kemungkinan setelah Rusia menyebar isu bahwa AS mendukung penggunaan senjata biologis di Ukraina, menurut Price, Rusia menyebar isu tersebut agar bisa menjadi alasan memakai senjata biologis tersebut.

  1.       Zelensky Ajak Putin Dialog, Beri Solusi untuk Luhansk dan Donetsk

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky mengaku punya solusi untuk wilayah Donetsk dan Luhansk yang menjadi pusaran konflik dengan Rusia, ia mengajak Presiden Putin berdialog. “Kami punya solusi, mungkin bias menyelesaikan masalah ini, yang perlu dilakukan ialah Putin mulai berbicara dengan kami” ujarnya dikutip dari TASS hari Rabu 9 Maret 2022.

Namun Zelensky mengungkap untuk mengakui kedua wilayah tersebut sebagai wilayah Rusia adalah hal yang sulit, “Saya bicara jaminan keamanan, Luhansk dan Donetsk belum diakui oleh Negara manapun kecuali Rusia, namun kami bisa diskusi dan cari solusi masalah wilayah ini” lanjutnya.

Baca juga: Apa Kata FIFA Mengenai Israel Vs Palestina?

  1.       PLTN Zaporizhzhia Hilang Kontak Usai Direbut Rusia

IAEA (Badan Tenaga Atom Internasional) melaporkan telah kehilangan kontak dengan PLTN Zaporizhzhia Ukraina sehari setelah PLTN Chernobyl juga hilang kontak, keduanya direbut Rusia.

“IAEA kehilangan transmisi jarak jauh dari sistem keamanan yang terpasang untuk memantau nuklir di PLTN tersebut yang kini dikuasai Rusia, hal ini sangat mengkhawatirkan” ujar pernyataan resmi di situs IAEA.

  1.       WNI Masih Terjebak di Ukraina

Masih ada 9 orang WNI terjebak di Chernihiv, Ukraina, proses evakuasi sulit dilakukan karena kota tersebut menjadi medan tempur. “Tantangan kami ialah Chernihiv masih jadi medan tempur, upaya kemanusiaan yang kita lakukan tidak efektif di lapangan” ujar Direktur Perlindungan WNI, Judha Nugraha.

  1.       Dialog Menlu Rusia dan Ukraina Mentok

Dialog kedua Menlu gagal untuk meraih kesepakatan pada hari Kamis 10 Maret 2022. Rusia diwakili Lavrov dan Ukraina diwakili Kuleba. “Kami tidak menemukan jalan kemajuan untuk gencatan senjata tapi kami setuju melanjutkan upaya mencari solusi untuk masalah kemanusiaan yang ada di lapangan” ujar Kuleba dilansir dari CNN.

Baca juga: Waduh! Vladimir Putin Umumkan Daftar Negara Yang Menjadi Musuh Rusia