PSSI "Tak Jadi Masalah" Jika Vietnam Tak Undang Indonesia

Ketua Umum PSSI telah meng-konfirmasi Timnas Indonesia U-19 tidak dapat undangan dari Vietnam dalam turnamen mini yang diselenggarakan pada pertengahan tahun 2022.

PSSI "Tak Jadi Masalah" Jika Vietnam Tak Undang Indonesia
Vietnam tidak undang Indonesia. Gambar : affmitsubishielectriccup.com

BaperaNews - Mochamad Iriawan (Ketua Umum PSSI) telah mengkonfirmasi Timnas Indonesia U-19 tidak mendapatkan undangan dari Vietnam untuk ikut memeriahkan turnamen mini yang akan diselanggarakan pada pertengahan tahun ini.

Turnamen ini ternyata diselenggarakan dalam rangka melakukan persiapan lebih lanjut untuk menyambut babak kualifikasi Piala Asia U-20 2023 mendatang. Vietnam diketahui hanya memberikan undangan kepada Myanmar, Thailand dan Malaysia.

Rencananya, penyelenggaraan mini turnamen tersebut akan berlangsung di Binh Duong mulai tanggal 5 Agustus 2022 hingga 11 Agustus 2022.

Tak hanya mengundang beberapa tim dari ASEAN saja, Vietnam juga diketahui turut mengundang Arab Saudi dan Jepang. Namun sayang, kedua negara tersebut tak bisa memenuhi undangan tersebut.

Timnas Indonesia jika memang tak diundang tak menjadi masalah. Indonesia juga masih banyak undangan lain yang harus dipenuhi,” ujar Mochamad Iriawan (Ketua Umum PSSI) di sela-sela pembukaan ajang Liga 1 2022/2023 yang digelar di Bali pada hari Sabtu, (23/7).

Baca Juga : Berjalan Sengit, MU Ditahan Imbang Aston Villa 2-2

Wajar jika Vietnam tak mengirimkan undangan kepada Timnas Indonesia U-19. Diketahui, bahwasannya Timnas Indonesia tergabung dalam grup yang sama di babak Kualifikasi Piala Asia U-20 2022 yang akan dilangsungkan mulai bulan September 2022 mendatang.

Belum lagi ditambah dengan tragedi memalukan antara Vietnam dan Indonesia yang juga melibatkan Thailand. Timnas Indonesia harus tersingkir di ajang Piala AFF U 19 2022 setelah Vietnam dan Thailand diduga kuat melakukan permainan yang tak sportif pada babak penyisihan grup.

Terlepas dari itu semua, dalam rangka persiapan menuju ke babak kualifikasi ajang bergengsi Piala Asia U-20 2022, pemusatan latihan akan dilakukan mulai akhir Agustus 2022 mendatang, yang mana menunggu masa cuti dari Shin Tae Yong habis dan kembali ke Indonesia, setelah mengajukan cuti selama 1 bulan.

PSSI sendiri memberikan target yang lumayan berat dengan menuntut Shin Tae Yong untuk bisa membawa anak didiknya Timnas Indonesia U-19 lolos sampai ke putaran final di ajang Piala Asia U 20 2023.

Karena dengan target tersebut, bisa digunakan sebagai dasar untuk melangkah lebih maju dalam rangka persiapan menghadapi Piala Dunia U-20 2023. Ajang kelas dunia tersebut dijadwalkan akan berlangsung di Indonesia sepanjang bulan Mei 2023 hingga bulan Juni 2023 mendatang.

Baca Juga : Shin Tae Yong Akui Mental Timnas U-20 Lebih Baik Dari Timnas Senior