Program Bansos Dari Pemerintah Akan Berlanjut di Tahun 2024, Catat Daftarnya!

Pemerintah menganggarkan dana Rp 503,7 – 546,9 Triliun untuk program bantuan sosial tahun 2024 mendatang. Simak artikel ini untuk mengetahui daftar jenis bansos pada tahun 2024 mendatang!

Program Bansos Dari Pemerintah Akan Berlanjut di Tahun 2024, Catat Daftarnya!
Program Bansos Dari Pemerintah Akan Berlanjut di Tahun 2024, Catat Daftarnya. Gambar: Dok.Kemensos

BaperaNews - Pemerintah menganggarkan dana Rp 503,7 – 546,9 Triliun untuk program bantuan sosial tahun 2024 mendatang. Jumlah tersebut naik dari anggaran bansos tahun 2023 yang mencapai Rp 476 Triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan anggaran untuk bansos 2024 lebih tinggi karena sejalan dengan target pemerintah untuk menghapus kemiskinan ekstrim di tahun 2024 menjadi 0%.

“Alokasi anggaran untuk perlindungan sosial ini sekitar Rp 503,7-546,9 Triliun ini terutama untuk menghapus kemiskinan ekstrim dan menciptakan gini koefisien merata sehingga kenaikan dan pertumbuhan ekonomi tak hanya bisa dinikmati orang paling kaya saja namun juga oleh mereka yang berada di posisi terbawah” tutur Ani dalam rapat kerja bersama Badan Anggaran DPR RI hari Jumat (2/6).

Daftar Bansos Tahun 2024: Dana Untuk BLT, PKH, dan Kewirausahaan

Jika daftar bansos tahun 2024 dirinci, anggaran dana ratusan triliun bansos 2024 ini untuk program penghapusan kemiskinan ekstrim dengan program keluarga harapan (PHK), bantuan sembako, hingga BLT desa. Pemerintah juga berencana menguatkan graduasi kemiskinan dengan Program Sentra kreasi Atensi sebagai wadah kegiatan wirausaha, perlindungan sosial untuk masa kritis seperti pasca bencana, dan lainnya.

Ani menyebut butuh effort ekstra untuk menghapus kemiskinan ekstrim di tahun 2024 mendatang, harus dilakukan program yang menyasar individu di desil pertama yang jumlahnya mencapai 27,4 juta jiwa. Pemerintah ditargetkan membantu peningkatan rumah tangga miskin dan rentan miskin dengan program padat karya dari lembaga dan kementrian. 

Baca Juga : Sri Mulyani Siapkan Dana Rp58,1 Triliun untuk Pensiunan ASN

Akses Air Bersih, Air Minum, dan Kesehatan Diperbaiki

Pemerintah juga mendorong peningkatan akses dasar terkait sanitasi atau kebersihan air, air minum, dan layanan kesehatan dasar yakni Puskesmas. Jika ketiga akses tersebut diperbaiki, masyarakat miskin dan rentan miskin bisa menikmati kehidupan lebih baik yang juga berdampak lebih banyak untuk kesejahteraan mereka.

Diharapkan adanya daftar bansos tahun 2024 dengan anggaran lebih besar untuk perlindungan sosial tahun 2024 ini bisa benar-benar bermanfaat dan berhasil menghapus kemiskinan ekstrim di Indonesia menjadi 0% alias tidak lagi ditemukan warga dengan kondisi ekonomi sangat miskin.

Memang untuk menghapus kemiskinan, dibutuhkan bantuan untuk warga miskin memiliki pekerjaan yang layak dan akses dasar hidup yang baik, tidak hanya berupa bantuan terus menerus yang bisa membuat ketergantungan. Jika memiliki pekerjaan baik, mendapat kemudahan akses air bersih air minum dan kesehatan, tentu kehidupan warga miskin bisa jauh lebih sejahtera.

Program Bansos Pemerintah yang Lanjut Tahun 2024

Jadi dengan adanya anggaran tersebut, daftar program bansos pemerintah yang akan dilanjut di tahun 2024 yaitu :

  • Program keluarga harapan (PHK)
  • Sembako
  • BLT desa
  • Program kewirausahaan Sentra Kreasi Atensi
  • Akses dasar (air bersih, air minum, kesehatan)

Semoga anggaran bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dan berhasil menghapus kemiskinan ekstrim Indonesia menjadi 0% ya.

Baca Juga : Geledah Kemensos, KPK Temukan Dugaan Adanya Korupsi Bansos Beras