Profil Syarifah Fadhlun Yahya, Istri Habib Rizieq yang Telah Berpulang

Indonesia baru saja kehilangan salah satu tokoh penting, Syarifah Fadhlun Yahya, istri dari Habib Rizieq Shihab.

Profil Syarifah Fadhlun Yahya, Istri Habib Rizieq yang Telah Berpulang
Profil Syarifah Fadhlun Yahya, Istri Habib Rizieq yang Telah Berpulang. Gambar : Dok. republika

BaperaNews – Indonesia baru saja kehilangan salah satu tokoh penting, Syarifah Fadhlun Yahya, istri dari Habib Rizieq Shihab. Beliau meninggal dunia pada Sabtu, 16 Desember 2023, pukul 15.00 WIB, setelah berjuang melawan penyakit komplikasi. Kabar duka ini telah dikonfirmasi oleh juru bicara Front Pembela Islam (FPI) dan kuasa hukum Habib Rizieq, Aziz Yanuar.

Perjalanan Hidup Syarifah Fadhlun Yahya

Syarifah Fadhlun Yahya, yang memiliki nama lengkap Asy-syarifah Fadhlun binti Fadhil bin Hasan Ibnul Habib Al Mufthi Usman bin Yahya, adalah sosok istri yang tangguh dan berdedikasi tinggi. Gelar Syarifah pada namanya menandakan bahwa beliau adalah keturunan Nabi Muhammad SAW, dari pihak Hasan bin Ali.

Pernikahan dengan Habib Rizieq Shihab

Syarifah dan Habib Rizieq menikah pada 11 September 1987. Selama 35 tahun pernikahan, pasangan ini dikaruniai tujuh orang anak, terdiri dari enam perempuan dan satu laki-laki, yang namanya dikenal di kalangan masyarakat, antara lain Rufaidah Shihab, Humaira Shihab, Zulfa Shihab, Najwa binti Rizieq Shihab, Mumtaz Shihab, Fairuz Shihab, serta Zahra Shihab.

Baca Juga : Innalilahi, Istri Habib Rizieq Meninggal Dunia

Peran Vital Syarifah dalam Pembebasan Habib Rizieq

Syarifah memiliki peran penting dalam proses pembebasan bersyarat Habib Rizieq pada Juli 2022. Saat itu, Habib Rizieq, yang sempat ditahan sejak Desember 2019 karena kasus peraturan karantina, dibebaskan bersyarat dengan Syarifah sebagai penjamin. "Saya memberikan apresiasi dan penghargaan tinggi kepada istri saya, Asy-syarifah Fadhlun binti Fadhil bin Hasan Ibnul Habib Al Mufthi Usman bin Yahya, yang memberikan jaminan untuk pembebasan saya," ungkap Habib Rizieq.

Jenazah Syarifah Akan Dimakamkan di Megamendung

Rencananya, jenazah Syarifah akan dimakamkan di Megamendung, Bogor, Jawa Barat, pada Minggu, 17 Desember 2023, pukul 10.00 WIB. Sebelumnya, jenazah akan disemayamkan di kediaman Habib Rizieq Shihab di Petamburan dan akan disalatkan pada pukul 07.00 WIB sebelum dibawa ke tempat peristirahatan terakhir.

Kehilangan Besar bagi Habib Rizieq

Kabar meninggalnya Syarifah Fadhlun Yahya merupakan kehilangan besar bagi Habib Rizieq dan keluarga. Beliau dikenang sebagai sosok yang setia mendampingi dan menjadi penopang dalam perjuangan Habib Rizieq. Pesan dan doa yang pernah disampaikan Rizieq di acara Munajat 212, "Doakan agar Allah SWT menyembuhkan dengan sebaik-baiknya penyembuhan," menjadi kenangan akan kegigihan dan dedikasi Syarifah dalam mendampingi suaminya.

Baca Juga : Habib Bahar Bin Smith Ditembak OTK di Bogor