Profil Immanuel Ebenezer, Wamen Ketenagakerjaan di Kabinet Merah Putih

Simak profil Immanuel Ebenezer, Wakil Menteri Ketenagakerjaan di Kabinet Merah Putih, yang siap wujudkan misi strategis untuk mengurangi pengangguran di Indonesia.

Profil Immanuel Ebenezer, Wamen Ketenagakerjaan di Kabinet Merah Putih
Profil Immanuel Ebenezer, Wamen Ketenagakerjaan di Kabinet Merah Putih. Gambar : Instagram/@immanuelebenezer

BaperaNews - Presiden RI Prabowo Subianto menunjuk Immanuel Ebenezer sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan di Kabinet Merah Putih periode 2024-2029. 

Pengangkatan tersebut diumumkan langsung oleh Presiden Prabowo, didampingi Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, di Istana Negara pada Minggu (20/10) malam. 

Immanuel akan mendampingi Prof Yassierli, Menteri Ketenagakerjaan yang juga baru dilantik, dalam menjalankan program strategis di bidang ketenagakerjaan.

Pelantikan Immanuel Ebenezer

Setelah pengumuman resmi, Immanuel Ebenezer bersama 55 Wakil Menteri lainnya dijadwalkan menjalani upacara pelantikan serta pengambilan sumpah jabatan di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin (21/10) pagi.

Pelantikan ini merupakan bagian dari susunan lengkap Kabinet Merah Putih, yang diharapkan dapat bekerja efektif dalam menghadapi berbagai tantangan, termasuk di sektor ketenagakerjaan.

Immanuel, yang juga dikenal sebagai Bung Noel, bukanlah sosok baru dalam dunia politik Indonesia. Ia sebelumnya menjabat sebagai Ketua Prabowo Mania 08, sebuah kelompok relawan yang aktif mendukung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pemilu 2024.

Baca Juga : Simak Profil Maruarar Sirait, Menpera di Kabinet Merah Putih

Perjalanan Politik Immanuel Ebenezer

Immanuel Ebenezer lahir di Riau pada 22 Juli 1975. Namanya mulai dikenal luas ketika ia memimpin relawan Jokowi Mania untuk mendukung pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019.

Kiprahnya di dunia politik semakin melejit, dan pada 2021 ia sempat menjabat sebagai Komisaris Utama PT Mega Eltra, anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) yang bergerak di bidang perdagangan dan jasa konstruksi. Namun, pada 2022, Immanuel dicopot dari posisi tersebut.

Pada awal menjelang Pilpres 2024, Immanuel dan relawan Jokowi Mania awalnya mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden. Bahkan, dukungan ini berkembang menjadi terbentuknya relawan Ganjar Mania.

Namun, setelah Gibran Rakabuming Raka resmi mendampingi Prabowo Subianto sebagai calon wakil presiden, dukungan Immanuel beralih ke Prabowo.

"Saya melihat ini sebagai pilihan strategis untuk persatuan bangsa dan masa depan Indonesia," ujar Immanuel terkait keputusan mendukung Prabowo-Gibran.

Langkah Immanuel untuk mendukung Prabowo kemudian diwujudkan dengan membubarkan relawan Ganjar Mania dan membentuk relawan Prabowo Mania 08.

Sebagai bagian dari tim sukses Prabowo, peran Immanuel semakin penting hingga akhirnya ia dipercaya menjadi Wakil Menteri Ketenagakerjaan.

Misi Ketenagakerjaan di Kabinet Merah Putih

Sebagai Wamen Ketenagakerjaan, Immanuel akan mendampingi Prof Yassierli dalam mengelola kebijakan ketenagakerjaan di Indonesia.

Pada masa pemerintahannya, Presiden Prabowo Subianto telah menyiapkan sejumlah misi strategis untuk sektor ini.

Salah satunya adalah meningkatkan kualitas lapangan kerja dan mendorong perusahaan untuk menyerap lebih banyak tenaga kerja berusia 18-24 tahun sebagai pegawai tetap. Upaya ini diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran di kalangan usia produktif.

Baca Juga : Prabowo Resmi Tunjuk Muhammad Qodari Jadi Wakil Kepala Staf Kepresidenan