Sosok Menteri Termuda dan Tertua di Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran

Kenali Ariobimo Nandito Ariotedjo, menteri termuda, dan Sjafrie Sjamsoeddin, menteri tertua di Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran yang baru dilantik.

Sosok Menteri Termuda dan Tertua di Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran
Sosok Menteri Termuda dan Tertua di Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran. Gambar : Dok. Lukas/BPMI Setpres

BaperaNews - Kabinet Merah Putih yang dipimpin oleh Presiden Prabowo Subianto resmi dilantik di Istana Negara, Jakarta, pada Senin (21/10).

Dalam pelantikan tersebut, Prabowo memperkenalkan 48 menteri, terdiri dari 41 menteri teknis dan tujuh menteri koordinator. 

Dari jajaran menteri tersebut, Ariobimo Nandito Ariotedjo dan Sjafrie Sjamsoeddin menjadi sorotan sebagai menteri termuda dan tertua dalam kabinet ini.

Dito Ariotedjo, Menteri Termuda

Ariobimo Nandito Ariotedjo, lebih dikenal sebagai Dito Ariotedjo, tercatat sebagai menteri termuda di Kabinet Merah Putih. Dito, yang menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), lahir di Jakarta pada 25 September 1990, dan saat ini berusia 34 tahun.

Sebelumnya, Dito juga pernah menjabat sebagai Menpora dalam *Kabinet Indonesia Maju* di bawah Presiden Joko Widodo, di mana ia dilantik pada April 2023.

Sebelum diangkat sebagai menteri, Dito memiliki pengalaman sebagai tim ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, yang saat itu dipimpin oleh Airlangga Hartarto.

Latar belakangnya di bidang ekonomi dan kepemudaan menjadi alasan penunjukannya sebagai Menpora di Kabinet Merah Putih. 

Dengan usianya yang relatif muda, Dito diharapkan membawa perspektif baru dalam pembangunan dan pengembangan olahraga nasional.

Baca Juga : Daftar Lengkap Menteri Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran

Sjafrie Sjamsoeddin, Menteri Tertua

Di sisi lain, Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin menjadi menteri tertua dalam kabinet Prabowo. Sjafrie lahir di Ujungpandang (sekarang Makassar) pada 30 Oktober 1952, dan saat ini berusia 72 tahun.

Sjafrie memiliki latar belakang militer yang kuat, lulus dari Akademi Militer (Akabri) pada 1974, dan seangkatan dengan Prabowo. Kedekatan personal dan profesional Sjafrie dengan Prabowo telah terjalin selama bertahun-tahun.

Sebelum menjabat sebagai Menteri Pertahanan, Sjafrie bertugas sebagai Asisten Khusus Menteri Pertahanan Bidang Manajemen Pertahanan, di mana ia bertanggung jawab atas perencanaan strategis dalam pertahanan nasional.

Pelantikan Kabinet Merah Putih

Pelantikan Kabinet Merah Putih pada 21 Oktober 2024 menandai awal pemerintahan baru yang dipimpin oleh Prabowo Subianto.

Dalam kabinet ini, Prabowo didampingi oleh Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka. Komposisi kabinet mencakup tokoh-tokoh dari berbagai latar belakang, baik profesional, teknokrat, maupun politisi.

Kabinet ini terdiri dari 48 menteri, yang meliputi 41 menteri teknis dan tujuh menteri koordinator. Para menteri ini diharapkan bekerja sama untuk menjalankan visi Prabowo dalam membawa Indonesia maju dan berdaulat di berbagai sektor, termasuk ekonomi, pertahanan, dan olahraga.

Pemilihan Dito Ariotedjo dan Sjafrie Sjamsoeddin menggambarkan perpaduan generasi muda dan tokoh berpengalaman.

Dito yang berusia 34 tahun dan Sjafrie yang berusia 72 tahun sama-sama memiliki tanggung jawab besar dalam kementerian masing-masing.

Baca Juga : Daftar Lengkap Wakil Menteri Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran