Pria di Samarinda Modus Jual Tiket Konser Sheila On 7, Raup Keuntungan Rp270 Juta

Pria berinisial RD di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), diamankan polisi terkait dugaan penipuan tiket konser Sheila on 7

Pria di Samarinda Modus Jual Tiket Konser Sheila On 7, Raup Keuntungan Rp270 Juta
Pria di Samarinda Modus Jual Tiket Konser Sheila On 7, Raup Keuntungan Rp270 Juta. Gambar : Ilustrasi Canva

BaperaNews - Seorang pria berinisial RD di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), diamankan polisi terkait dugaan penipuan tiket konser Sheila on 7 dengan total kerugian sebesar Rp 270 juta. Kasat Reskrim Polresta Samarinda, Kompol Ferry Putra Samudra, mengonfirmasi penangkapan ini pada Sabtu (27/7).

RD diamankan oleh puluhan korban yang membawa dirinya ke Polresta Samarinda pada Kamis (25/7) dini hari. Saat itu, korban-korban yang merasa ditipu mendatangi RD di salah satu hotel di Samarinda untuk meminta kejelasan terkait tiket konser yang telah mereka bayar.

"Pelaku diamankan Kamis dini hari, di mana sebelumnya pelaku didatangi para korban dan menyerahkan ke Polresta," kata Kompol Ferry.

Menurut Kompol Ferry, RD mengaku mendapatkan kuota 460 tiket konser Sheila on 7 dan menjual tiket tersebut dengan harga antara Rp 525 ribu hingga Rp 625 ribu. "Karena biasanya orang-orang Samarinda kalau kehabisan tiket pasti akan menghubungi pelaku dan membeli tiket lewat pelaku karena pernah memegang konser sebelumnya," ungkapnya.

Baca Juga: Viral! Kasus Penculikan Warga Tangerang Selatan, Pelaku Diduga jadi Tersangka Pelecehan dan Penipuan

RD mengaku telah menerima uang sebesar Rp 270 juta dari para korban melalui transfer. RD kemudian mengklaim telah mentransfer uang sebesar Rp 130 juta kepada rekannya yang berinisial AG untuk membeli tiket. Namun, tiket yang dijanjikan oleh AG tidak pernah diterima oleh RD, sehingga ia tidak bisa memberikan tiket kepada para korban.

"Uang yang telah diterima pelaku digunakan sebagian ditransfer kepada AG, Rp 130 juta untuk membayar tiket yang telah dijanjikan AG dan pelaku tidak ada menerima tiket tersebut, kemudian sisanya sebesar Rp 140 juta digunakan untuk kepentingan pribadi," jelas Kompol Ferry.

Saat ini, RD masih menjalani pemeriksaan di Polresta Samarinda untuk proses lebih lanjut. Meskipun terdapat ratusan korban, baru tiga orang yang melaporkan kejadian ini ke polisi. "Masih didalami, saat ini sudah ada tiga korban yang melapor," tambah Kompol Ferry.

Penipuan tiket konser ini terjadi menjelang konser Sheila on 7 yang diselenggarakan di Stadion Utama Palaran, Samarinda, pada Sabtu (27/7). Kota Samarinda merupakan titik pertama dalam Tur Konser Sheila On 7 bertajuk 'Tunggu Aku di' sebelum melanjutkan tur ke empat kota lainnya di Indonesia.

"Setiap informasi sekecil apapun bisa sangat berarti dalam proses penyelidikan," ujar Kompol Ferry. Masyarakat yang memiliki informasi tambahan terkait kasus ini diharapkan segera melaporkannya kepada pihak berwajib.

Baca Juga: Warga Sekitar Lokasi Penipuan Lowongan Kerja Sering Dengar Orang Teriak-teriak