PP Muhammadiyah Pindahkan Dana dari BSI ke Bank Syariah Lain, Kenapa?

PP Muhammadiyah memutuskan untuk mengalihkan dana simpanan dari Bank Syariah Indonesia ke beberapa bank syariah lainnya. Baca selengkapnya di sini!

PP Muhammadiyah Pindahkan Dana dari BSI ke Bank Syariah Lain, Kenapa?
PP Muhammadiyah Pindahkan Dana dari BSI ke Bank Syariah Lain, Kenapa?. Gambar : Dok. Muhammadiyah

BaperaNews - PP Muhammadiyah mengambil keputusan dengan mengalihkan dana simpanan dari Bank Syariah Indonesia (BSI) ke beberapa bank syariah lainnya. Keputusan ini tertuang dalam memo resmi tertanggal 30 Mei 2024.

Pengalihan dana ini dilakukan setelah PP Muhammadiyah mengadakan pertemuan dengan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di Yogyakarta pada Minggu (26/5), dan memutuskan untuk melakukan rasionalisasi dana simpanan dan pembiayaan yang sebelumnya berada di BSI.

Menurut informasi dalam memo "Konsolidasi Dana" tersebut, Muhammadiyah memutuskan untuk memindahkan dananya ke Bank Syariah Bukopin, Bank Mega Syariah, Bank Muamalat, serta bank-bank syariah daerah dan bank-bank lain yang telah memiliki kerja sama baik dengan Muhammadiyah.

"Dengan ini kami minta dilakukan rasionalisasi dana simpanan dan pembiayaan di Bank Syariah Indonesia (BSI) dengan pengalihan ke Bank Syariah Bukopin, Bank Mega Syariah, Bank Muamalat, Bank-bank Syariah Daerah, dan bank-bank lain yang selama ini bekerja sama baik dengan Muhammadiyah," bunyi memo pada Rabu (5/6).

Memo nomor 320/I.0/A/2024 tersebut ditandatangani oleh Ketua PP Muhammadiyah Agung Danarto dan Sekretaris PP Muhammadiyah Muhammad Sayuti.

Memo ini ditujukan kepada berbagai pimpinan di lingkungan Muhammadiyah, termasuk Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan PP Muhammadiyah, Majelis Pembinaan Kesehatan Umum PP Muhammadiyah, Pimpinan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan 'Aisyiyah, Pimpinan Rumah Sakit Muhammadiyah dan 'Aisyiyah, serta Pimpinan Badan Usaha Milik Muhammadiyah di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Muhammadiyah Beli Gereja di Spanyol untuk Dibangun jadi Masjid Lagi seperti Era Abbasiyah

Menanggapi keputusan Muhammadiyah ini, BSI melalui Corporate Secretary Wisnu Sunandar menyatakan bahwa pihaknya selalu berkomitmen untuk melayani dan mengembangkan ekonomi umat.

"Kami di BSI senantiasa berkomitmen memenuhi ekspektasi seluruh pemangku kepentingan dengan menerapkan prinsip adil, seimbang, dan bermanfaat (maslahat) sesuai syariat Islam," kata Wisnu dalam keterangan resmi BSI pada Rabu, (5/6).

Wisnu juga menambahkan bahwa BSI akan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik dan berkontribusi dalam pengembangan ekonomi syariah di Indonesia.

"BSI akan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik dan berkontribusi dalam pengembangan ekonomi syariah di Indonesia," sambungnya.

Meski demikian, BSI tetap berkomitmen untuk menjunjung tinggi prinsip-prinsip syariah dalam setiap layanan yang diberikan.

"Itu pun sebagai tanggapan perseroan terhadap berita mengenai keputusan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah untuk mengalihkan dananya dan juga menginstruksikan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) untuk ikut memindahkan dananya dari BSI," tutup Wisnu.

Keputusan Muhammadiyah untuk memindahkan dananya dari BSI ini tentu menimbulkan berbagai spekulasi mengenai alasan di balik langkah tersebut. Namun, hingga saat ini, PP Muhammadiyah belum memberikan pernyataan resmi terkait alasan spesifik yang mendasari keputusan pengalihan dana tersebut.

Beberapa pihak menduga bahwa keputusan ini mungkin terkait dengan strategi pengelolaan keuangan yang lebih efektif dan diversifikasi portofolio simpanan.

Pengalihan dana ini mencakup sejumlah besar aset yang sebelumnya dikelola oleh BSI. Selain itu, langkah ini juga mencerminkan pentingnya kerja sama yang baik antara lembaga keuangan dan organisasi masyarakat dalam mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia.

Baca Juga: SMP Muhammadiyah Malang Bolehkan Bayar Sekolah Pakai Minyak Jelatah