Penyebab dan Dampak yang Dirasakan Warga setelah Kebakaran di Kebayoran Lama

Kebakaran melanda permukiman padat penduduk di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. 124 rumah rata dengan tanah, dan 200 orang terpaksa mengungsi.

Penyebab dan Dampak yang Dirasakan Warga setelah Kebakaran di Kebayoran Lama
Penyebab dan Dampak yang Dirasakan Warga setelah Kebakaran di Kebayoran Lama. Gambar : Bay ismoyo/AFP

BaperaNews - Kebakaran besar melanda pemukiman padat penduduk di Jalan Jatayu 1, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pada Rabu (4/10) menjelang maghrib. Diperkirakan 124 unit rumah warga hangus, dan sekitar 200 orang terpaksa mengungsi.

Penyebab pasti dari kebakaran di Kebayoran Lama ini masih diselidiki oleh pihak berwajib. Meski demikian, dugaan sementara mengarah pada aktivitas pembakaran sampah oleh warga setempat.

"Dugaan penyebab kebakaran adalah orang nabun (bakar sampah)," ungkap Syamsul Huda, Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Selatan pada Rabu (4/10) malam.

Selain dari penyebab tersebut, ada pula warga yang menduga kebakaran berawal dari lapak mebel. Menurut Iti, salah satu warga yang terdampak, kebakaran terjadi sekitar jam 5 sore saat dirinya baru saja selesai masak. Dirinya terkejut saat menyadari api yang telah membesar di belakang rumahnya.

Baca Juga: 200 Hektar Taman Nasional Way Kambas Hangus Terbakar

Para korban kebakaran di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, saat ini berada di area parkiran Rumah Sakit Umum Daerah Kebayoran Lama. BPBD DKI Jakarta telah mendistribusikan bantuan dasar seperti air mineral, selimut, matras, hingga perlengkapan mandi untuk meringankan beban para korban.

Kondisi saat kebakaran cukup memprihatinkan. Akses air untuk pemadaman api menjadi kendala utama, membuat petugas pemadam kebakaran kewalahan dalam memadamkan api. Diketahui, api baru berhasil dipadamkan pada pukul 23.55 WIB. Namun, berkat kerja keras dari petugas, tidak ada korban jiwa yang dilaporkan dalam peristiwa ini.

Penyelidikan lebih lanjut masih akan dilakukan untuk menentukan penyebab pasti dari kebakaran di Kebayoran Lama. Seluruh warga Jakarta Selatan, khususnya Kebayoran Lama, diharapkan untuk senantiasa waspada dan menghindari aktivitas yang berpotensi menimbulkan kebakaran.

Mari doakan semoga warga yang terkena dampak kebakaran di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan diberikan kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi cobaan ini. Ingatlah selalu untuk menjaga keselamatan dan meminimalisir risiko bencana di lingkungan sekitar kita.

Kebakaran memang menjadi salah satu bencana yang kerap terjadi di berbagai wilayah. Diharapkan, kejadian kebakaran di Kebayoran Lama ini menjadi pelajaran bagi kita semua untuk senantiasa waspada dan peduli terhadap lingkungan.

Baca Juga: Panel Listrik Terbakar, Satpam SMAN 6 Jakarta Tewas Gegara Hirup Udara APAR