Pemerintah Sebut Indonesia Bisa Bebas Dari Covid-19 Tahun Depan, Ini Syaratnya!

Pemerintah melalui Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut bahwa Indonesia bisa bebas dari Covid-19 tahun depan, sebab dalam enam bulan terakhir kasus Covid-19 terus menurun .

Pemerintah Sebut Indonesia Bisa Bebas Dari Covid-19 Tahun Depan, Ini Syaratnya!
Pemerintah sebut Indonesia bisa bebas dari Covid-19. Gambar : JPNN.com/Ricarodo

BaperaNews - Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto melaporkan jumlah kasus Covid-19 di Indonesia dalam enam bulan terakhir terus menurun.

“Kasus konfirmasi harian secara nasional ada di di 1.195 sehingga relatif rendah dan dari data bisa mencapai kurang dari 1 dalam tiga bulan terakhir dan dalam enam terakhir kasusnya landai” ujarnya pada Selasa 11/10.

Airlangga Hartarto menyampaikan, kasus Covid-19 yang terus melandai ini membuat Presiden Jokowi memerintah agar kebijakan PPKM dievaluasi hingga akhir bulan ini.

“Dan pada akhir bulan depan akan ditentukan tentang pelaksanaan PPKM ke depan” lanjutnya.

Jokowi juga meminta agar vaksinasi booster Covid-19 diperpanjang hingga November, Desember 2022 dan Januari 2023. Jika kasus Covid-19 di Indonesia terus melandai, kemungkinan Indonesia bisa segera lepas dari pandemi Covid-19.

“Disertai catatan bahwa booster atau vaksinasi dimaksimalkan di bulan November, Desember, Januari karena kalau kita bisa jaga pada bulan Februari 2023 kasus tetap landai, maka kita bisa lepas dari pandemic Covid-19” pungkasnya.

Baca Juga : Jokowi Sebut Pandemi Covid-19 Akan Segera Berakhir

Dari keterangan yang disampaikan Airlangga Hartarto tersebut, disimpulkan bahwa pemerintah akan tetap memperluas cakupan vaksinasi Covid-19 dosis 1,2 dan booster. Jika kasus terus menurun hingga Februari 2023, maka kemungkinan besar tahun 2023 Indonesia menyatakan diri bebas dari pandemi Covid-19.

Kementerian Keuangan Sri Mulyani sebelumnya menyampaikan pemerintah juga sedang meredam efek dari pandemi Covid-19. "Ada tiga yang perlu disehatkan bersama-sama, masyarakat yang terkena Covid-19, ekonomi lesu, dan APBN juga kembali disehatkan, ini tugas yang luar biasa," ujarnya Rabu (28/9) lalu.

Pandemi berakhir bukan serta merta masalah selesai, dampaknya juga harus diatasi mengingat di masa pandemi Covid-19 begitu banyak pekerja yang kehilangan pekerjaannya juga pengusaha yang turun pendapatannya atau bahkan bangkrut.

Namun jika Indonesia berhasil lepas dari pandemi Covid-19 pada tahun depan, diperkirakan ekonomi bisa terus meningkat, masyarakat bisa terus hidup dalam situasi normal dan menemukan cara kerja baru.

“Kemudian mereka membuat banyak sekali rekalibrasi pada kegiatan dan keputusan tentang hidupnya, pekerjaannya, dan ini berpengaruh sangat besar” pungkasnya.

Diharapkan lembaga pemerintah seperti BPJS Ketenagakerjaan bisa mengelola dana yang besar yaitu yang bersumber dari tenaga kerja Indonesia agar bisa memberi manfaat sebesarnya untuk pasar tenaga kerja Indonesia.

Baca Juga : WHO Nyatakan Akhir Pandemi Covid-19 Sudah Di Depan Mata