PeduliLindungi Akan Ganti Jadi SATUSEHAT, Ini Keistimewaannya!

Aplikasi PeduliLindungi akan berubah jadi SATUSEHAT mulai 28 Februari 2023, yuk intip sederet keistimewaan SATUSEHAT!

PeduliLindungi Akan Ganti Jadi SATUSEHAT, Ini Keistimewaannya!
PeduliLindungi Akan Ganti Jadi SATUSEHAT, Ini Keistimewaan SATUSEHAT. Gambar : RRI/Dok. Komariah

BaperaNews - Aplikasi PeduliLindungi akan berubah jadi SATUSEHAT mulai 28 Februari 2023, lalu apa perbedaan PeduliLindungi dengan SATUSEHAT?

“Kami sedang transisi kan aplikasi PeduliLindungi menjadi SATUSEHAT. Kami akan luncurkan. Mudah-mudahan pada 28 Februari kami bisa luncurkan SATUSEHAT mobile” tutur Chief Digital Transformation Office Kemenkes Setiaji pada Kamis (16/2).

Aplikasi SATUSEHAT sebelumnya telah diluncurkan di acara Indonesia Health Services (HIS) pada Juli 2022. “Hari ini kita resmi perkenalkan SATUSEHAT sebagai nama Indonesia Health Services yang merupakan platform integrasi dan standar layanan data kesehatan di indonesia” tutur Menkes Budi Gunadi pada 26 Juli 2022 lalu.

SATUSEHAT dipilih berdasarkan sayembara yang dibuka pendaftarannya untuk publik pada 6 Juli 2022 lalu. Dari sayembara tersebut, terpilih beberapa pemenang hingga akhirnya SATUSEHAT dipilih sebagai nama resmi HIS.

Usulan nama yang jadi juara kedua ialah SINAPSIS (Sistem Integrasi Pelayanan Kesehatan Indonesia) dan juara ketiga ialah DIAGNOSA (Diagnosis Nusantara).

Setiaji menjelaskan, layanan integrasi ini dibuat dengan proses yang panjang, mulai dari tahap merencanakan, jajak pendapat para ahli, hingga fase alpha dan beta dari berbagai peserta dengan beragam latar belakang seperti rumah sakit, laboratorium, hingga akademisi.

Uji coba PeduliLindungi menjadi SATUSEHAT juga telah dilakukan di 41 rumah sakit dengan rincian 32 rumah sakit umum DKI Jakarta dan 9 rumah sakit vertical. Saat ini sedang dilakukan uji coba HIS di 31 institut mulai dari laboratorium kesehatan hingga perusahaan kesehatan.

Hingga akhir tahun 2022, Kemenkes menargetkan PeduliLindungi menjadi SATUSEHAT bisa terintegrasi dengan 8.000 fasilitas kesehatan dan terintegrasi seluruhnya se Indonesia di tahun 2023 ini. 

Lalu, apa keistimewaan SATUSEHAT? Yuk simak sederet keistimewaan SATUSEHAT dibawah ini yang telah dirangkum oleh Tim Redaksi Bapera News. 

Baca Juga : Menkes Budi Gunadi: PeduliLindungi Akan Beralih Ke Platform SATUSEHAT

Keistimewaan SATUSEHAT :

  1. Satukan rekam medis

SATUSEHAT bisa satukan data rekam medis pasien mulai dari data dari rumah sakit, klinik, apotek, dan laboratorium termasuk data vaksinasi Covid-19 dan data stunting. Dengan demikian ibu-ibu bisa tau apa saja vaksin yang sudah didapat anaknya, bahkan bisa melihat data gambar dan video kesehatan seperti Ct Scan MRI.

  1. Pendataan cepat

Dengan adanya satu data, diharapkan dokter bisa melihat riwayat kesehatan pasien dengan mudah. Misalnya bisa melihat bagaimana kondisi jantung pasien, kebiasaan olahraga pasien, dan sebagainya.

Aplikasi SATUSEHAT juga bisa dipakai oleh pemerintah daerah untuk mengetahui kondisi dari warganya, SATUSEHAT direncanakan akan diintegrasikan dengan BPJS Kesehatan.

  1. Poin ditukar vitamin

SATUSEHAT juga akan terhubung dengan perangkat teknologi yang berpadu dengan aksesori atau baju seperti smart watch. Hal ini memungkinkan fitur pengumpulan poin bisa ditukar dengan vitamin dan lainnya.

  1. Data aman

SATUSEHAT telah dinilai oleh BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara) serta diupayakan untuk memenuhi standar keamanan informasi ISO 27001. Segala persiapan telah dilakukan untuk menjamin keamanan data pengguna dan sudah ada aturan yang dibuat dengan tanda tangan Menteri Kesehatan.

Baca Juga : Vaksin Booster Akan Kena Biaya Rp 100.000 di Masa Endemi, Menkes: Masih Wajar