Panitia Event Motor Trail Minta Maaf Usai Merusak Edelweiss Ranca Upas

Pihak panitia event motor trail meminta maaf karena telah merusak bunga Edelweiss langka dan kawasan Ranca Upas, Ciwidey, Bandung yang berubah menjadi lumpur.

Panitia Event Motor Trail Minta Maaf Usai Merusak Edelweiss Ranca Upas
Kolase Foto Motor trail merusak Edelweiss Ranca Upas. Gambar : Tangkapan Layar TikTok/@firman89official

BaperaNews - Heboh rombongan motor trail merusak tanaman Edelweiss di Ranca Upas, Ciwidey, Bandung. Pihak panitia event motor trail pun minta maaf usai adanya kasus Edelweiss rusak tersebut.

Kasus motor trail rusak Edelweiss Ranca Upas ini memang bukan hal kecil, selain membuat rugi petani, kelakuan para rider juga membuat populasi bunga Edelweiss yang sangat langka ini berkurang drastis, hancur oleh motor mereka yang melintasi perkebunan bunga Edelweiss.

Diketahui Edelweiss ialah bunga langka yang hanya bisa tumbuh di tempat tertentu, butuh waktu sangat lama dalam membudidayakan dan menumbuhkannya, tentu hal ini membuat para petani di Ranca Upas geram pada kelakuan rider dan panitia acara.

Pihak panitia event motor kemudian meminta maaf terkait kasus motor trail rusak Edelweiss Ranca Upas.

“Kami minta maaf atas kelalaian kami dan panita sehingga membuat semua pihak rugi. Kami sangat menyesali kejadian ini, kami juga minta maaf pada seluruh sponsor dan penyedia tempat di Ranca Upas. Sekali lagi kami mohon maaf atas kerugian yang dialami” tutur panitia event motor trail tersebut.

Namun tetap saja kejadian motor trail rusak Edelweiss ini melukai banyak pihak terutama para pembudidaya bunga Edelweiss, diharapkan kejadian ini jadi pelajaran semua masyarakat untuk lebih menghargai lingkungan sekitar. Untuk berhati-hati dan melihat dengan seksama apa saja yang beresiko rusak jika dilewati atau diinjak.

Baca Juga : Viral Video Pendaki Gunung Gede Pangrango Nyalakan Bom Asap

Bunga Edelweiss Hanya Ditemukan di Indonesia dan Amerika

Peneliti dari Riset Konservasi Tumbuhan, Hutan, dan Kebun Raya BRIN Imam Surya menyebut bunga Edelweiss yang telah dirusak dan dihancurkan oleh komunitas motor trail ini ialah bunga yang sangat langka, hanya ditemukan di Indonesia dan Amerika.

Dalam bahasa Inggris disebut yellow hatpins. Bunga ini memiliki daun yang mirip rumput, berbentuk liner, melengkung, dan berujung lancip.

Butuh tanah yang basah hingga tergenang untuk membuat Edelweiss tetap hidup, maka dari itu, bunga Edelweiss butuh perawatan yang bagus untuk bisa bisa tumbuh.

Sebelumnya Edelweiss di Ranca Upas, Bandung rusak karena motor trail, tanah yang tadinya membentang hijau indah dengan bunga Edelweiss berubah jadi kubangan lumpur, para tanaman lunglai tercabut dari akarnya, semua tanaman rusak termasuk bunga langka Edelweiss.

Hal ini memicu kemarahan banyak pihak, ucapan permintaan maaf dari panitia penyelenggara motor trail tersebut dinilai belum cukup mengingat kerusakan yang ditimbulkan berdampak pada bunga dan tanaman di kawasan Ranca Upas, Ciwidey, Bandung.

Baca Juga : Gunung Raksasa Ditemukan di Bawah Laut Pacitan Jawa Timur