Monas Kembali Dibuka Untuk Umum, Ini Jam Buka-Tutupnya!

Wakil Gubernur DKI, Jakarta Riza Patria juga mengatakan Pemerintah resmi membuka kawasan Monas untuk umum karena ada kebijakan pelonggaran dari Pemerintah.

Monas Kembali Dibuka Untuk Umum, Ini Jam Buka-Tutupnya!
Kawasan Monumen Nasional akan resmi dibuka untuk umum. Gambar : Unsplash.com/Dok. Rifki Kurniawan

BaperaNews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi mengumumkan membuka kembali kawasan Monumen Nasional (Monas) untuk umum. Pada Kamis 16 Juni 2022, Diketahui Monas sempat ditutup untuk kunjungan wisata selama dua tahun karena pandemi Covid 19 yang melanda Indonesia.

Hal ini pun dibenarkan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. Ia menyebutkan Monas kembali dibuka untuk umum usai ada kebijakan pelonggaran yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

"Ya Monas dibuka. Kan sudah lama, karena ada pelonggaran, sekarang Monas dibuka mulai hari ini ke depan," kata Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta (16/6).

"Mudah-mudahan sudah bisa dimanfaatkan oleh warga, apalagi Eco Park Tebet kan ditutup untuk sementara ada beberapa perbaikan termasuk kita memperhatikan untuk parkir untuk kuliner kaki lima dan lain-lain," sambung Riza.

Riza Patria membantah bahwa dibukanya kembali kawasan Monas merupakan alternatif lain dari penutupan sementara Tebet Eco Park yang sedang dilakukan pemeliharaan. Ia mengatakan bahwa Monas bisa mengakomodasi antusiasme warga untuk berkunjung ke ruang publik.

"Sebenarnya bukan alternatif, memang sudah waktunya dibuka. Tapi juga temen-temen yang sekarang di Eco Park bisa pindah ke Monas sementara, artinya ada tempat juga" ujar Riza Patria.

Baca Juga : Gawat! Ini Temuan Awal Soal Omicron Sub Varian Ba.4 Dan Ba.5

Riza Patria juga menjelaskan bahwa Monas dibuka kembali atas pertimbangan dari beberapa hal, yang diantaranya ialah DKI Jakarta ditetapkan sebagai wilayah dengan status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1.

"Pertama memang sudah pelonggaran sudah PPKM (level) 1, perbaikan sudah dilakukan di Monas sekalipun belum selesai semua" imbuh Riza.

Kendati demikian, Kepala Unit Pengelola Terpadu (UPT) Monas Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI, Isa Sanuri menyampaikan pembukaan kawasan Monas dilakukan secara bertahap dan terbatas.

Pembukaan dimulai dari kawasan luar tugu saja, yakni Lapangan Silang Monas dan taman Monas. Sementara untuk layanan ke puncak tugu Monas masih belum dibuka.

Kawasan Monas akan dibuka untuk umum setiap hari, ini jam buka-tutupnya !

Jam Buka dan Tutup Monas : 

  • Jam 06.00 WIB hingga Jam 16.00 WIB.

Masyarakat bisa mengunjungi kawasan Monas dengan pembatasan dan melakukan scanning melalui aplikasi PeduliLindungi. dan sudah vaksin Covid 19.

"Pembukaan nanti dibuka untuk umum nanti secara bertahap. Sementara ini yg di buka baru kawasan, itu juga masih dibatasi. Waktu bukanya Monas untuk umum juga dibatasi dari jam 6 pagi ke 4 sore. jadi nanti bertahap" ujar Isa Sanuri.