Mobil Listrik Dengan Harga Rp 100 Jutaan Bakal Rilis di Indonesia

Wuling siap meluncurkan mobil listrik Baojun Yep di Indonesia, memberikan alternatif transportasi ramah lingkungan dengan harga terjangkau.

Mobil Listrik Dengan Harga Rp 100 Jutaan Bakal Rilis di Indonesia
Mobil Listrik Dengan Harga Rp 100 Jutaan Bakal Rilis di Indonesia. Gambar : Dok. Biro Pers, Media dan Informasi Setpres

BaperaNews - Harga mobil listrik di Indonesia saat ini masih terbilang mahal lantaran masih jarang di Indonesia. Mobil listrik pada umumnya baru dimiliki oleh kalangan tertentu di Indonesia.

Kabar baiknya, Wuling, salah satu perusahaan pembuat mobil listrik telah mendaftarkan mobil listrik mungil alas UZUKI Jimny di Indonesia dimana harga mobil listrik tersebut jauh lebih terjangkau Rp 100 jutaan saja.

Mobil listrik harga terjangkau tersebut telah beredar lebih dulu di China dengan nama Baojun Yep yang disana juga dijual Rp 100 jutaan per unitnya. Baojun Yep telah terdaftar di Indonesia yang desainnya masuk dalam berita resmi Desain Industri No. 36/DI/2023 yang dirilis Direktorat Hak Cipta dan Desain Industri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM.

Mobil listrik Baojun Yep berdimensi kompak dengan desain ala SUV mirip Suzuki Jimny. Desain mobil listrik Baojun Yep terdaftar atas nama SAIC GM Wuling Automobile Co LTD yang berlokasi di Guangxi, China.

Harga mobil listrik tersebut kabarnya dijual dengan harga persis di China, begitu pula dengan tampilan atau desainnya.

Di China, mobil listrik Baojun Yep ialah salah satu mobil listrik yang paling terjangkau harganya produksi Wuling. Mobil listrik Baojun Yep di China dijual 89.900 Yen atau Rp 189 juta. 

Baca Juga : Harga Mobil Listrik Diprediksi Bakal Makin Murah

Dari spesifikasinya, mobil listrik Baojun Yep adalah mobil kompak 3 pintu dengan konfigurasi 4 tempat duduk. Secara dimensi, mobil listrik Baojun Yep panjangnya 2,281 mm, lebar 1685 mm, dan tinggi 1721 mm serta jarak sumbu roda 2110 mm.

Sedangkan Suzuki Jimny panjangnya 3985 mm, lebar 1645 mm, tinggi 1720 mm, dan sumbu roda 2250 mm. Maka mobil listrik Baojun Yep lebih kecil bodynya dibanding Suzuki Jimny.

Meski minimal, kesan futuristis terpancar di lima lampu LED di mobil listrik Baojun Yep juga area moncong bergrile hitam di tengahnya.

Sumber gerak dari mobil listrik Baojun Yep berupa motor listrik tunggal di bagian belakang. Tenaga yang dihasilkan mencapai 68 daya kuda atau 50 KW dengan torsi puncak 140 Nm. Maka mobil bisa melaju dengan kecepatan maksimal 100 km/jam. Tentu sudah sangat cukup untuk penggunaan harian di Indonesia.

Tenaga listrik mobil listrik Baojun Yep disimpan di baterai lithium iron phosphate yang bisa menyimpan listrik untuk berkendara hingga 303 km berdasarkan pengetesan yang dilakukan China Light Duty Vehicle Test Cycle. Belum diketahui kapan mobil listrik harga terjangkau ini mulai dirilis dan dijual di Indonesia.

Baca Juga : Mercedes Benz Luncurkan Mobil Listrik Seharga Rp 15 Miliar