MKD DPR Tak Masalah 5 Mobil Arteria Dahlan Parkir Pakai Plat Identik

MKD (Mahkamah Kehormatan Dewan) DPR mengatakan bahwa selama hanya untuk parkir tidak masalah jika 5 mobil milik Arteria Dahlan parkir memakai plat identik.

MKD DPR Tak Masalah 5 Mobil Arteria Dahlan Parkir Pakai Plat Identik
Mobil Arteria Dahlan. Gambar : Merdeka.com/Dok. Muhammad Genantan Saputra

BaperaNews - MKD (Mahkamah Kehormatan Dewan) DPR meminta para anggota dewan menilai adanya 5 plat nomor mobil politikus Arteria Dahlan yang identik dan tidak bermasalah selama hanya diparkir. Sebelumnya 5 mobil dari anggota DPR fraksi PDIP Arteria Dahlan diketahui memiliki nomor polisi yang sama dan ada keterangan stiker arteriadahlanlawters.co.id yang semuanya terparkir di Gedung Nusantara II Kompleks Parlemen Senayan Jakarta.

“Kalau mobil parkir tidak ada plat nomor nya pun tidak masalah, yang penting kan ndak dipakai jalan” ucap Habiburokhman, Wakil Ketua MKD DPR Kamis 20 Januari 2022. Menurut Habib, polisi sebelumnya juga sudah menjelaskan tentang mobil Arteria Dahlan tersebut yang plat nomor mobilnya didapat di tahun 2019.

“Soal plat nomor mobil yang identik itu kan sudah disampaikan Polri itu memang milik dan atas nama pak Arteria Dahlan, mungkin itu sudah sejak tahun 2009 lalu, kurang paham saya waktu tepatnya” jelas Habib.

Namun, Habib tetap menyarankan seluruh anggota dewan memakai plat nomor khusus yang sudah disediakan untuk DPR, “Saat ini kan untuk kita sudah ada plat nomor khusus, ya sudah saya dorong anggota DPR untuk pakai itu saja” tandasnya.

Baca Juga : Aturan Baru! Plat Nomor Kendaraan Bermotor Akan Dipasang Chip

Mabes Polri sebelumnya memberi keterangan adanya temuan mobil polisi bernomor 4196-07 di lima mobil yang parkir di DPR itu adalah memang milik Arteria Dahlan. Lima mobil tersebut adalah Pajero, Velfire, Grandis, Fortuner, dan XTrail yang semuanya berwarna hitam putih.

Arteria Dahlan juga mengkonfirmasi bahwa mobil tersebut adalah miliknya, Arteria Dahlan menyebut plat nomor yang terpasang itu hanyalah plat nomor dasar. “Itu memang ada satu nomor polisi itu plat nomor mobil saya, kalau mobil mau dipakai, itu semua hanya tatakan dasar saja, jadi nanti dipasang yang plat nomor DPR, memang mobil saya disana ada plat nomor masing-masing, kalau dipasang plat nomor permanen saya yang kesulitan, saat ini rumah saya sedang direnovasi, jadi saya memang nitip dulu mobil saya di parkiran DPR” jelas Arteria Dahlan.

Arteria Dahlan sebelumnya juga membuat kontroversi tentang ucapannya yang meminta Jaksa Agung mencopot Kajati yang memakai bahasa Sunda saat rapat kerja di DPR.

Utut Adianto, Ketua Fraksi PDIP menyatakan akan membina Arteria Dahlan yang telah berbuat kekeliruan dan membuat kontroversi. “Di PDI itu kalau ada yang salah kita luruskan, kalau soal hukuman itu bentuknya kalau yang melakukan salah besar, jadi nanti dia akan kita bina saja” jelasnya di Kompleks Parlemen Senayan Kamis 20 Januari 2022.

Baca Juga: Akhirnya, PDIP Jatuhkan Sanksi Untuk Arteria Dahlan Usai Langgar Etik Dan Disiplin Partai