Media Asing Sorot Kelakuan Bea Cukai RI Peras Turis Taiwan di Bali

Bea Cukai Indonesia menjadi sorotan media internasional usai salah satu pegawainya diduga memeras turis asal Taiwan di Bali.

Media Asing Sorot Kelakuan Bea Cukai RI Peras Turis Taiwan di Bali
Bea Cukai RI Peras Turis Taiwan di Bali. Gambar : Kompas.com/Dok. Andri Donnal Putera

BaperaNews - Bea Cukai RI jadi sorotan media internasional usai salah satu pegawainya diduga melakukan pemerasan pada turis asal Taiwan. Dilansir dari media CTS, dugaan bea cukai peras turis Taiwan ini dialami oleh seorang turis Taiwan yang pergi liburan ke Bali pada akhir pekan lalu.

Ketika sampai di Bandara, turis Taiwan tersebut mengambil ponselnya dan mengambil foto, mengabari sopir yang akan membawanya dan rombongan berpiknik ke Bali.

Namun tidak lama setelah ia mengeluarkan ponsel, ia didatangi petugas Bea Cukai dan dibawa ke ruangan gelap, disana ia diinterogasi. Ketika diinterogasi, berbagai pemeriksaan dilakukan.

Turis itu menjelaskan alasan dan sebabnya ia mengambil gambar bea cukai peras turis Taiwan, namun si oknum Bea Cukai menolak pembelaan dari turis.

Akhirnya turis Taiwan ini diminta bayar denda US$4.000 atau setara Rp 60 juta. Turis Taiwan tersebut bahkan sampai berpura-pura tidak punya uang agar terbebas dari denda besar yang dianggapnya tak masuk akal tersebut.

Akhirnya usai negosiasi, diputuskan dendanya menjadi Rp 4 juta. Namun hal ini disorot, denda Rp 60 juta bisa berubah menjadi Rp 4 juta, seolah menjadi gambaran adanya niat untuk memeras turis.

“Rasanya seperti mengeksploitasi turis, dengan cara ini orang jadi takut pergi. Harus ada kantor Taiwan di sana untuk mencari bantuan jika ada turis lain berada di kondisi seperti ini” ucap turis Taiwan yang mendapat denda dari oknum Bea Cukai tersebut kepada media CTS.

Baca Juga : Bea Cukai Persulit WNA Disabilitas Untuk Ambil Alat Bantu Kencing

Deret Kontroversi Bea Cukai Indonesia

Bea Cukai Indonesia tidak sekali ini saja disorot, sebelumnya sudah banyak keluhan terkait perlakuan mereka yang tidak menyenangkan. Diantaranya ialah seorang WNI yang menang lomba menyanyi diminta membayar uang agar bisa membawa pulang pialanya.

Kemudian koper putri Sulung Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid Alissa Wahid diacak-acak kopernya ketika di Bandara karena dikira TKW, ada juga turis disabilitas yang tidak bisa mengambil alat bantu kencingnya di Bea Cukai Bali dengan berbagai alasan.

Kasus terbaru bea cukai peras turis Taiwan ini sampai masuk TV Taiwan. Terlihat di berita TV Taiwan kondisi antrian di Bandara Bali, kemudian beberapa orang diwawancarai.

“Tidak hanya orang Indonesia saja yang dipersulit Bea Cukai RI, turis asing juga kena imbasnya, turis merasa diperas oleh Bea Cukai RI, imbasnya kini banyak turis Taiwan takut liburan ke Indonesia” bunyi penjelasan di berita TV Taiwan tersebut.

Baca Juga : Pegawai Bea Cukai Jadi Sorotan Usai Sebut Netizen Babu