Lagi-lagi, Mahasiswa Kedokteran UNAIR Bunuh Diri dengan Menyuntikkan Dirinya, Diduga juga jadi Korban Bully

Mahasiswa kedokteran UNAIR, Albertus Berfan Christian bunuh diri diduga menjadi korban perundungan di kampus.

Lagi-lagi, Mahasiswa Kedokteran UNAIR Bunuh Diri dengan Menyuntikkan Dirinya, Diduga juga jadi Korban Bully
Lagi-lagi, Mahasiswa Kedokteran UNAIR Bunuh Diri dengan Menyuntikkan Dirinya, Diduga juga jadi Korban Bully. Gambar : Dok. Detik

BaperaNews - Kematian dr. Aulia Risma Lestari kembali mengingatkan publik pada kasus tragis yang melibatkan Albertus Berfan Christian, seorang mahasiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) di Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya.

Kasus kematian Albertus yang terjadi pada tahun 2020 sempat viral dan menjadi sorotan publik karena dugaan perundungan dari seniornya yang berujung pada tindakan bunuh diri.

Albertus Berfan Christian meninggal dunia setelah menyuntikkan sebuah cairan ke tubuhnya. Peristiwa ini menghebohkan komunitas akademis, terutama di Fakultas Kedokteran UNAIR, yang selama ini telah lama dilaporkan sebagai tempat terjadinya bullying dan perundungan.

Kematian Albertus ini tidak hanya menyoroti masalah kesehatan mental mahasiswa kedokteran tetapi juga menimbulkan pertanyaan mengenai perlakuan terhadap mahasiswa di institusi pendidikan kedokteran.

Kematian Albertus Berfan Christian sempat viral di media sosial pada tahun 2020 setelah terungkap bahwa ia diduga menjadi korban perundungan dari seniornya.

Berita ini mengundang berbagai reaksi dari publik, yang mengkritik pihak universitas dan rumah sakit terkait atas tindakan mereka yang dianggap tidak memadai dalam menangani kasus ini. Pihak Universitas Airlangga dan RSUD dr. Soetomo, yang merawat jenazah Albertus, memilih untuk bungkam dengan alasan Kode Etik.

Sebelum kematiannya, Albertus berjuang dengan kondisi emosional dan mentalnya yang memburuk akibat perundungan.

Baca Juga: Isi Curhatan Mahasiswi Undip yang Bunuh Diri Diduga Korban Bullying: Sakit Sekali

Kasus kematiannya menarik perhatian publik kembali ketika dr. Aulia Risma Lestari juga meninggal dunia dalam kondisi yang sama, menyebabkan publik ramai dengan fenomena bullying di kalangan mahasiswa PPDS.

Dalam beberapa tahun terakhir, kasus serupa telah mencuat di berbagai fakultas kedokteran di Indonesia, termasuk FK Undip, FK UI, UGM, UNPAD, dan UNAIR.

Banyak mahasiswa yang mengalami perundungan dan tekanan namun enggan untuk berbicara atau melaporkan karena takut akan konsekuensi yang lebih buruk atau merasa tidak ada yang akan mendukung mereka.

Akun X @tanyakanrl menyoroti masalah ini dengan mengunggah tangkapan layar berita mengenai kematian Albertus Berfan Christian dan mengaitkannya dengan kasus kematian dr. Aulia Risma Lestari. 

Albertus Berfan Christian Putra adalah anak dari Marsda TNI R. Johanes Berchmans SW yang saat itu menjabat sebagai Irjen AU. 

Baca Juga: Undip Bantah Mahasiswi Kedokteran yang Bunuh Diri adalah Korban Bullying