Konten YouTube Bisa Jadi Jaminan Utang di Bank, Ini Syaratnya!

Kedepannya, konten YouTube bisa menjadi jaminan utang bank seperti halnya Sertifikat rumah atau BPKB kendaraan. Berikut syarat konten YouTube jadi jaminan utang di bank.

Konten YouTube Bisa Jadi Jaminan Utang di Bank, Ini Syaratnya!
Kontem YouTube bisa jadi jaminan utang di Bank. Gambar : Unsplash.com/Dok. Charlesdeluvio

BaperaNews - Konten YouTube kedepannya bisa menjadi jaminan utang di Bank sebagaimana jaminan lainnya seperti Sertifikat rumah atau BPKB kendaraan. Hal ini jadi kabar baik untuk konten kreator maupun pelaku industri kreatif.

Pemerintah memberi peluang kepada konten kreator untuk mengembangkan karirnya lebih baik lagi, dengan dukungan pinjaman uang melalui konten YouTube sebagai jaminan utang di Bank.

Pembiayaan dengan cara konten YouTube bisa jaminan utang ini dipakai untuk mengembangkan konten. Ada sejumlah standar yang harus dipenuhi untuk menjadikan konten YouTube sebagai jaminan utang di bank sesuai PP 24/2022.

Head of Government Affairs and Public Policy YouTube Indonesia Danny Ardianto melihat hadirnya aturan baru ini bisa memberi kemudahan untuk konten kreator dalam mendapat pembiayaan dari lembaga keuangan.

Menurut Danny Ardianto, Indonesia jadi satu-satunya Negara yang memiliki Kementrian khusus ekonomi kreatif yang menunjukkan pemerintah punya peran serius, salah satunya dengan kebijakan di PP 24/2022.

“Memberi insentif dan kemudahan untuk ekonomi kreatif, kami mengapresiasinya dan ini bisa mendorong kolaborasi berbagai sektor dan pemangku kepentingan lain” tuturnya.

Danny Ardianto mengaku tidak tahu seberapa banyak kreator Indonesia mengetahui rencana pemerintah ini, namun ia berharap aturan ini bisa bermanfaat untuk kreator yang masih kembangkan bisnisnya. “Jadi untuk mereka, di YouTube itu ada musisi, contohnya Denny Caknan yang mengembangkan bisnis audiensnya dari YouTube” imbuhnya.

“Atau seperti konten kreator Christy yang seorang pengusaha sekaligus desainer, mengembangkan komunitas bisnis dan kepercayaan dari client karena kontennya di YouTube. Jadi saya melihat hal ini bisa memberi manfaat” pungkas Danny Ardianto.

Baca Juga : Fitur Baru 'Go Live Together', Simak Cara Live Streaming Berdua di YouTube

Sementara itu, Deputi Ekonomi dan Digital Produk Kreatif Kemenparekraf RI Muhammad Neil menyebut Indonesia butuh ekonomi kreatif yang memadai untuk mengembangkan produknya. Dan dengan adanya konten YouTube bisa jaminan utang di Bank pada PP 24/2022 ini bisa mendorong pelaku industri kreatif untuk terus berkarya.

Diharapkan nantinya bisa tumbuh talenta kreatif dan bisa memanfaatkan kecanggihan digital. kemudian juga dibangun infrastruktur yang memadai untuk mengembangkan industri kreatif.

“Harus ada kemanusiannya, produknya memberi pembiayaan ke teknologi dan infrastruktur” sambung Muhammad Neil.

Sedangkan syarat bagi konten kreator untuk bisa jaminkan konten YouTube sebagai jaminan utang menurut PP 24/2022. Berikut syarat konten YouTube jadi jaminan utang di Bank

Syarat Konten YouTube Jadi Jaminan Utang di Bank :

  • Ada proposal pembiayaan.
  • Memiliki usaha ekonomi kreatif.
  • Memiliki kekayaan intelektual terkait produk-produk ekonomi kreatif.
  • Memiliki surat pencatatan kekayaan intelektual.
  • PP 24/2022 ini baru akan berlaku 1 tahun sejak diterbitkan yakni pada 12 Juli 2023 mendatang.

Baca Juga : YouTube Akan Rilis Kebijakan Tentang Larangan Komentar Buruk Dan Spam