Sertifikat Elsimil Wajib Dimiliki Calon Pengantin, Ini Cara Daftarnya!

Badan Kependudukan & Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mewajibkan pasangan yang ingin menikah untuk memiliki sertifikat Elsimil (Elektronik Siap Nikah Siap Hamil).

Sertifikat Elsimil Wajib Dimiliki Calon Pengantin, Ini Cara Daftarnya!
BKKBN: Sertfikat Elsimil Wajib Dimilik Oleh Calon Pengantin. Gambar : Freepik.com/Dok. Prostooleh

BaperaNews - Pasangan yang akan menikah kini diharuskan memiliki sertifikat Elsimil (Elektronik Siap Nikah Siap Hamil) yang merupakan inovasi dari Badan Kependudukan & Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk mengurangi angka stunting di Indonesia.

Sertifikat Elsimil bisa didapatkan calon pengantin dengan mengunduh aplikasi Elsimil terlebih dahulu di elsimil.bkkbn.go.id.

Apa Itu Sertifikat Elsimil?

Elsimil ialah aplikasi yang dikembangkan oleh BKKBN bersama dengan Kementrian Agama untuk mencegah stunting dari hulu dan telah diberlakukan sejak tahun 2022 lalu. Aplikasi ini diharapkan bisa mendeteksi lebih dini tentang potensi bayi stunting berdasarkan kondisi kesehatan calon pengantin.

Calon pengantin harus mengunduh aplikasi Elsimil terlebih dahulu sebelum menikah. Tiga bulan sebelum menikah, akan diberi kuesioner untuk diisi. Aplikasi akan menilai apa kondisi calon pengantin sudah ideal untuk menikah, apa ada resiko hamil dan melahirkan.

Stunting sendiri ialah kekurangan gizi di masa 1.000 hari pertama kehidupan bayi, stunting membuat pertumbuhan otak bayi terhambat, yang akan berpengaruh pada tumbuh kembangnya. Bayi yang lahir dalam keadaan stunting akan lebih pendek tubuhnya dibanding balita normal seumurannya.

Elsimil bermanfaat untuk screening atau deteksi faktor resiko pada calon pengantin, menghubungkan pengantin dengan petugas, dan sebagai media edukasi kesiapan menikah terutama sehubungan dengan stunting.

Baca Juga : Hemat Biaya! Simak Syarat dan Cara Daftar Nikah di KUA 2023

Sertifikat Elsimil Wajib Dimiliki Calon Pengantin

Sertifikat Elsimil wajib dimiliki calon pengantin. Ketua BKKBN Hasto Wardoyo menegaskan, “Jika belum punya sertifikat Elsimil maka belum boleh menikah”.

Meski ada tes yang tidak lolos, calon pengantin tetap bisa mendapat sertifikat dan menikah, sertifikat Elsimil ini hanya sebagai pendetgeksi untuk menentukan tips kesehatan selanjutnya yang berhubungan dengan kehamilan sehat dan pencegahan stunting.

“Misal ada calon pengantin anemia, mereka bisa tetap dapat sertifikat, namun diminta menunda kehamilan dulu sampai terpenuhi gizinya sesuai standar untuk mencegah stunting pada anak” pungkas Ketua BKKBN Hasto Wardoyo.

Lalu, bagaimana cara daftar elsimil secara online? Berikut ini ulasan lengkap tentang cara daftar elsimil secara online untuk calon mempelai wanita dan calon mempelai pria. 

Cara Daftar Elsimil Secara Online

Cara Daftar Elsimil Secara Online Untuk Calon Mempelai Wanita:

  • Download aplikasi Elsimil di Google Play Store atau App Store, lakukan registrasi.
  • Klik “Tambahkan Pasangan”, akan ada kode dan tutorial.
  • Screenshot tutorialnya agar bisa dijadikan panduan dan akun kedua calon pengantin bisa terintegrasi.
  • Lakukan cek kesehatan dan vaksin di Puskesmas terdekat, pastikan tidak sedang haid.
  • Jika sudah mendapat data dasar seperti tinggi badan, berat badan, lingkar lengan, hingga kadar hemoglobin, pilih menu “Mulai Kuesioner”.
  • Isi data sesuai hasil cek kesehatan dan tulis lokasi pemeriksaan.
  • Elsimil akan mencetak sertifikat untuk salah satu syarat daftar nikah di KUA.

Cara Daftar Elsimil Secara Online Untuk Calon Mempelai Pria :

  • Download aplikasi Elsimil dan lakukan registrasi sesuai identitas.
  • Klik “Menu” kemudian “Tambahkan Pasangan”.
  •  Isi NIK calon istri.
  • Klik menu “Akun” – “Biodata Pasangan” – “Terima”.
  • Klik “Kuesioner”, isi data misalnya termasuk perokok atau tidak.
  • Akan muncul sertifikat Elsimil usai kuesioner diisi, klik “Print” untuk mencetaknya.

Baca Juga : MK Tolak Semua Gugatan Nikah Beda Agama