Pendaftaran Dipercepat, KIP Kuliah 2024 Telah Dibuka 12 Februari

Dapatkan bantuan biaya pendidikan melalui KIP Kuliah 2024. Pendaftaran resmi telah dimulai, dan program ini menyediakan beasiswa untuk lulusan SMA. Pelajari selengkapnya di sini!

Pendaftaran Dipercepat, KIP Kuliah 2024 Telah Dibuka 12 Februari
Pendaftaran Dipercepat, KIP Kuliah 2024 Telah Dibuka 12 Februari. Gambar : Dok.Kemendikbudristek

BaperaNews - Pendaftaran program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2024 telah resmi dibuka. KIP Kuliah merupakan sebuah inisiatif dari pemerintah yang bertujuan untuk memberikan bantuan biaya pendidikan kepada siswa atau siswi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik namun mengalami keterbatasan ekonomi.

KIP Kuliah menawarkan sejumlah keuntungan bagi para peserta yang lolos seleksi, termasuk bebas biaya pendidikan dan subsidi uang saku mulai dari Rp800.000. Proses pendaftaran KIP Kuliah 2024 dibuka pada tanggal 12 Februari 2024, lebih cepat dari jadwal pendaftaran jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Subkoordinator KIP Kuliah, Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Puslapdik Kemendikbud Ristek), Muni Ika, menyampaikan bahwa pendaftaran KIP Kuliah akan dilakukan melalui laman resmi Kemendikbudristek. Prosedur pendaftaran akan diumumkan lebih lanjut melalui laman tersebut.

Untuk mendaftar KIP Kuliah 2024, siswa harus memenuhi beberapa persyaratan dan memiliki dokumen-dokumen tertentu. Persyaratan tersebut mencakup memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK), yang semuanya harus sesuai dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Baca Juga: Simak Syarat dan Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah 2024

Syarat penerima KIP Kuliah 2024 hampir sama dengan tahun sebelumnya. Para calon penerima harus merupakan lulusan SMA atau sederajat yang lulus dalam dua tahun terakhir, lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri atau swasta pada program studi terakreditasi, dan memiliki potensi akademik namun mengalami keterbatasan ekonomi.

Bagi yang tidak memenuhi kriteria ekonomi, masih ada opsi untuk mendaftar dengan menyertakan bukti pendapatan orang tua atau wali serta bukti status keluarga miskin dalam bentuk Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).

Proses pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara mandiri melalui situs Sistem KIP Kuliah atau aplikasi KIP Kuliah. Setelah mendaftar, peserta akan menerima nomor pendaftaran dan kode akses melalui email yang didaftarkan.

Bantuan pendidikan yang diberikan kepada penerima KIP Kuliah 2024 sama dengan tahun sebelumnya. Mereka akan mendapatkan biaya pendidikan gratis sebesar Rp2,4 juta per semester dan bantuan hidup sebesar Rp700.000 per bulan.

Baca Juga: Beasiswa Gojek 2024 Kembali Dibuka untuk Anak Mitra, Ini Syarat dan Cara Daftarnya