Kodam IM Gelar Silaturahmi Kebangsaan di Aceh, Ormas Bapera Hadir

Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM) menggelar silaturahmi kebangsaan,  Mayjen TNI Mohammad Hasan mengatakan bahwa generasi muda yang berkarakter sangat berpengaruh untuk masa depan kemajuan Aceh.

Kodam IM Gelar Silaturahmi Kebangsaan di Aceh, Ormas Bapera Hadir
Pangdam IM Mayjen Mohammad Hasan membuka Silaturahmi Kebangsaan. Gambar : Dok. Pangdam IM

BaperaNews - Aceh Besar I Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayor Jenderal TNI Mohammad Hasan menegaskan, untuk mendorong kemajuan di Provinsi Aceh yang damai dan sejahtera dalam bingkai NKRI, diperlukan generasi muda yang mempunyai kepribadian kuat, pantang menyerah, disiplin dan inovatif.

Penegasan itu disampaikan jenderal bintang dua ini saat membuka secara resmi acara Silaturahmi Kebangsaan Kodam Iskandar Muda di Lapangan Rindam IM, Kabupaten Aceh Besar, Jum'at, 20 Mei 2022.

Kegiatan ini bertema; "Bangkit dan Bersatu untuk Mewujudkan Aceh yang Damai dan Sejahtera", digelar bertepatan Hari Kebangkitan Nasional.

“Tujuannya, mempererat komunikasi dan silaturahmi antar lintas elemen, meningkatkan rasa cinta tanah air, serta rasa persatuan dan kesatuan bangsa bagi generasi muda. Kemajuan Aceh masa depan membutuhkan generasi muda berkarakter,” jelas mantan Danjen Kopassus ini.

Itu sebabnya, Pangdam IM Mayjen TNI Mohammad Hasan mengucapkan selamat datang dan apresiasi kepada seluruh peserta yang berjumlah sekitar 400 orang. Mereka berasal dari berbagai organisasi massa (ormas) kepemudaan, lintas agama dan profesi. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari ke depan.

"Para peserta memperoleh berbagai materi ceramah dari beberapa tokoh yang berkaitan dengan perdamaian dan sejarah Aceh, cegah dan tangkal radikalisme, wawasan kebangsaan, bijak dalam bermedia sosial (medsos), membela alam dan pemberdayaan ekonomi masyarakat Aceh yang sejahtera," ujar Pangdam. 

Selain itu para peserta juga akan melaksanakan materi praktek lapangan seperti, kegiatan senam, baris berbaris, navigasi darat, ice breaking, out bound, pentas seni dan budaya, api unggun dan berbagai kegiatan yang mengedepankan kerjasama dan persatuan, dan diakhiri dengan ikrar kebangsaan.

"Semoga kegiatan ini menjadi salah satu wahana yang tepat untuk membangun, memelihara dan menjalin komunikasi yang harmonis guna meningkatkan sinergitas, persaudaraan, dan ikatan emosional yang kuat. Ikuti kegiatan dengan gembira dan manfaatkan untuk mendapat teman sebanyak-banyaknya," harap Pangdam IM.

Kegiatan ini dihadiri Ketua DPRA Saiful Bahri (Pon Yahya), Kajati Aceh diwakili Asintel, Kapolda Aceh diwakili Dit. Sabhara, Gubernur Aceh diwakili Kakesbangpol, Kasdam IM, Irdam IM, para PJU Kodam IM, Forkopimda Provinsi Aceh, para rektor, tokoh masyarakat, para pimpinan ormas, Menwa, organisasi pemuda, organisasi keagamaan dan tamu undangan lainnya.

Baca Juga : Mayjen TNI Mohammad Hasan : Tidak Ada Lagi Alasan Konflik Di Aceh