Ketua Umum DPP Bapera: Jemaah Haji Indonesia Menuju Arafah untuk Wukuf

Jemaah haji Indonesia akan melaksanakan wukuf di Arafah. Ketua Umum DPP Bapera memberikan pengarahan kepada jemaah, terutama jemaah lansia, agar melaksanakan ibadah dengan bijaksana.

Ketua Umum DPP Bapera: Jemaah Haji Indonesia Menuju Arafah untuk Wukuf
Ketua Umum DPP Bapera: Jemaah Haji Indonesia Menuju Arafah untuk Wukuf. Gambar : Dok.Istimewa

Bapera News - Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz Arafiq, saat ini sedang berada di Mekkah untuk melaksanakan Haji, dan hari ini seluruh Jemaah secara bergelombang diberangkatkan menuju ke Arafah pada senin (26/6).

Dalam rangkaian haji wukuf dipadang Arafah merupakan yang utama dan wajib yang harus dilaksanakan seluruh jemaah haji pada selasa, 9 Dzulhijjah 1444 H atau 27 Juni 2023.

Jemaah Haji asal Indonesia itu akan diberangkatkan ke Arafah secara bertahap mulai pukul 07.00 hingga 24.00 Waktu Arab Saudi (WAS). Pemberangkatan telah dijadwalkan agar ratusan ribu jemaah haji ini bisa berjalan tertib dan lancar.

“Hari ini merupakan seluruh Jemaah haji asal Indonesia akan diberangkatkan ke Padang Arafah untuk melaksanakan wukuf, karena wukuf adalah salah satu inti haji, seluruh Jemaah dikirim secara bergelombang menuju ke Arafah agar para Jemaah ini bisa berjalan tertib dan lancar.” Ucap Fahd A Rafiq Senin, (26/6/2023).

Pemerintah Arab Saudi telah mengalokasikan 21 bus untuk setiap maktab jemaah haji Indonesia. Dengan jumlah rata-rata sekitar 3.000 jemaah per maktab, 21 bus tersebut diperkirakan hanya membutuhkan 3 kali perjalanan untuk mengangkut seluruh jemaah ke Arafah.

Waktu wukuf dimulai pada 9 Dzulhijjah saat tergelincirnya matahari sampai terbitnya matahari pada tanggal 10 Dzulhijjah. Wukuf wajib dilakukan oleh semua jemaah haji yang melaksanakan ibadah haji. Melaksanakan wukuf adalah wajib, karena wukuf merupakan salah satu rukun haji.

“Dalam pelaksanaan wukuf dipadang Arafah semoga semua Jemaah, bisa tertib dalam melaksanakannya, karena 10 Dzulhijjah atau 27 Juni merupakan puncak haji, saya mengingatkan untuk Jemaah lansia,  agar tidak memaksakan diri tidak memaksakan diri melakukan ritual lempar jumrah ke Jamarat. Petugas haji siap membadalkan jemaah lansia melontarkan jumroh.” Tutup Fahd A Rafiq.

Adanya Jemaah haji lansia asal Indonesia, pemerintah melalui Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi sudah menyiapkan semua mekanisme yang terbaik untuk jemaah haji lansia untuk melaksanakan wukuf dipadang Arafah.

Penulis : Fachrul Nopendra