Kemenhub Siap Targetkan 400 Pesawat Layani Mudik Lebaran 2023

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan menyediakan 400 pesawat terbang untuk melayani masyarakat pada angkutan mudik Lebaran 2023.

Kemenhub Siap Targetkan 400 Pesawat Layani Mudik Lebaran 2023
Kemenhub siap targetkan 400 pesawat layani mudik lebaran 2023. Gambar : Kompas.com/Agus Susanto

BaperaNews - Kementerian Perhubungan menargetkan menyediakan 400 pesawat terbang untuk melayani masyarakat pada angkutan Lebaran 2023. Direktur Kelaikudaraan & Pengoperasian Pesawat Udara Kemenhub Mauluddin menyebut saat ini jumlah pesawat terbang yang melayani penumpang ada 385.

“Diharapkan nanti di masa angkut pesawat untuk mudik 2023 ada 400 pesawat terbang untuk dioperasikan, saat ini jumlah pesawat yang diterbangkan ada 385” tutur Mauluddin pada Jumat (3/2).

Mauluddin menyebut, saat ini bisnis penerbangan sedang masuk masa pemeliharaan atau maintenance (low season).

Nantinya, pesawat untuk mudik 2023 bisa dioperasikan kembali di peak season Lebaran 2023. “Jadi saat ini maintenance dulu, nanti Lebaran 2023 jalan lagi, sekarang kan lagi low memang penumpangnya” pungkas Mauluddin.

Baca Juga : Kemenhub Siapkan 382 Rute Penerbangan untuk Mudik Lebaran 2023

51 Bandara Dipantau

Sebelumnya Dirjen Perhubungan Udara Kristi Endah mengatakan pihaknya akan memantau 51 Bandara Indonesia selama masa angkut mudik Lebaran 2023. 51 Bandara tersebut terdiri dari 16 Bandara Internasional dan sisanya Bandara domestik.

Pemantauan dilakukan dengan membuat posko angkutan udara Lebaran 2023 untuk memberi layanan transportasi udara terbaik kepada masyarakat.

“51 Bandara itu 14 Bandara yang dikelola Unit Penyelenggara Bandar Udara, 15 dikelola PT Angkasa Pura I, 20 dikelola PT Angkasa Pura II, dan 1 dikelola Badan Usaha Bandar udara Batam, 1 lagi dikelola pemerintah daerah” jelas Kristi Endah pada Rabu (1/3).

Sedangkan untuk antisipasi lonjakan penumpang pesawat untuk mudik 2023 akan dilakukan penambahan tempat duduk melalui ekstra flight atau mengganti pesawat terbang dengan ukuran lebih besar.

“Kami juga periksa kesiapan armada, jam operasional Bandara, utilisasi jam terbang pesawat terbang, dan tidak ada pekerjaan yang dilakukan di udara” lanjutnya.

Untuk harga tiket pesawat juga akan diawasi agar layanan untuk penumpang benar-benar terbaik dan memuaskan.  “Tugas kami itu memastikan layanan sebelum, selama, dan usai penerbangan berjalan lancar sesuai dengan aturan penerbangan” pungkas Kristi Endah.

Diketahui di masa mudik Lebaran mobilitas masyarakat akan meningkat, sebab itu pemerintah menjamin ketersediaan seluruh angkutan termasuk angkutan udara agar masyarakat bisa bepergian dengan aman, lancar, dan nyaman.

Jika armada mencukupi, Bandara dan maskapai penerbangan bisa menjalankan tugasnya mengangkut dan melayani penumpang dengan maksimal, masyarakat juga mudah temukan jadwal penerbangannya sesuai lokasi mudik yang dituju.

Baca Juga : Sudah Dibuka! Ini Cara Daftar Program Mudik Motis Lebaran 2023