Kemenag Bakal Gelar Sidang Isbat pada 10 Maret untuk Penentuan Awal Ramadan

Kementerian Agama umumkan jadwal Sidang Isbat pada 10 Maret 2024 untuk penentuan awal Ramadan. Simak Selengkapnya!

Kemenag Bakal Gelar Sidang Isbat pada 10 Maret untuk Penentuan Awal Ramadan
Kemenag Bakal Gelar Sidang Isbat pada 10 Maret untuk Penentuan Awal Ramadan. Gambar : Dok. Kemenag

BaperaNews - Kementerian Agama (Kemenag) secara rutin menggelar Sidang Isbat setiap tahun untuk menentukan awal puasa yang dimulai pada 1 Ramadan berdasarkan kalender hijriah. Untuk tahun 2024, Sidang Isbat ini akan dilangsungkan pada Minggu, 10 Maret 2024.

Sidang Isbat tersebut akan berlangsung baik secara daring maupun luring (hybrid) di Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, Jl. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat.

Sidang Isbat ini menjadi momen penting bagi umat Islam karena menentukan awal puasa atau 1 Ramadan 1445 H. Hal ini diungkapkan oleh Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, yang menyatakan bahwa sidang ini merupakan layanan keagamaan bagi masyarakat untuk memastikan pelaksanaan ibadah dengan pasti.

Dalam Sidang Isbat tersebut, Tim Hisab dan Rukyat Kemenag akan dilibatkan, serta dihadiri oleh para duta besar negara sahabat dan perwakilan ormas Islam. 

Tak hanya itu, perwakilan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga turut serta dalam sidang ini.

Baca Juga : Jadwal Libur Puasa 2024 untuk Siswa SD hingga SMA, Catat Tanggalnya!

Sidang Isbat akan terbagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama dimulai dengan pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1445 H berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi), yang akan disiarkan secara live di Channel YouTube Bimas Islam pada pukul 17.00 WIB. 

Tahap kedua adalah Penetapan Awal Ramadan 1445 Hijriah yang digelar secara tertutup setelah Salat Magrib. 

Sidang Isbat akan merujuk pada data hisab dan hasil rukyatul hilal konfirmasi yang dilakukan Tim Kemenag di 134 lokasi di seluruh Indonesia.

Tahap ketiga adalah konferensi pers hasil sidang isbat yang juga akan disiarkan melalui media sosial Kemenag. 

Penting untuk dicatat bahwa Muhammadiyah telah lebih dulu menetapkan 1 Ramadan 1445 H jatuh pada 11 Maret 2024, berdasarkan hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid.

Baca Juga : Apa Itu Arti Takjil dan Asal Usulnya, Hingga Jadi Tradisi di Bulan Ramadhan