Keluhkan Sakit Perut, Ternyata Pria di India Punya Rahim

Rajgir Mistri, pria asal India, menemukan organ reproduksi wanita dalam tubuhnya setelah menjalani operasi hernia.

Keluhkan Sakit Perut, Ternyata Pria di India Punya Rahim
Keluhkan Sakit Perut, Ternyata Pria di India Punya Rahim. Gambar : Ilustrasi Canva

BaperaNews - Seorang pria asal Gorakhpur, Uttar Pradesh, India, menemukan fakta mengejutkan tentang tubuhnya setelah menjalani operasi hernia. Rajgir Mistri (46) menjalani prosedur bedah pada Senin (12/8), di BRD Medical College, di mana dokter Narendra Dev menemukan organ reproduksi wanita, termasuk rahim dan ovarium, dalam tubuh pria tersebut.

Temuan ini mengejutkan karena Mistri telah memiliki dua anak dan menunjukkan bahwa organ reproduksi pria berfungsi dengan baik.

Masalah ini bermula ketika Mistri mengeluhkan sakit perut yang parah. Dikutip dari India Today, Mistri menjalani pemeriksaan USG yang menunjukkan adanya benjolan di perut bagian bawahnya.

Setelah diagnosis awal yang mengarah pada hernia, Mistri memutuskan untuk mencari pemeriksaan lebih lanjut di klinik hernia gratis, di mana ia bertemu dengan Dr. Narendra Dev. Diagnosis USG di klinik mengonfirmasi adanya hernia.

Namun, saat operasi pembedahan dilakukan, Dr. Dev menemukan bahwa benjolan tersebut adalah rahim yang belum berkembang, bersama dengan ovarium di sekitarnya.

Baca Juga: Dokter di India Diperkosa dan Dibunuh di RS, Tenaga Medis Lakukan Mogok Kerja

Penemuan pria punya rahim ini mengarah pada diagnosis langka, Persistent Mullerian Duct Syndrome (PMDS), suatu kelainan bawaan yang menyebabkan perkembangan organ reproduksi wanita dalam tubuh pria. Prosedur pengangkatan rahim dan ovarium berhasil dilakukan, dan Mistri kini dalam keadaan pulih.

PMDS adalah kondisi yang disebabkan oleh mutasi genetik pada bayi laki-laki di dalam rahim. Biasanya, saluran Mullerian yang berkembang menjadi organ reproduksi wanita pada anak perempuan tidak berkembang lebih lanjut pada bayi laki-laki karena adanya protein pemecah saluran ini.

Namun, pada kasus PMDS, protein tersebut tidak berfungsi dengan baik sehingga saluran Mullerian terus berkembang menjadi rahim dan saluran tuba, meskipun organ-organ ini tidak berfungsi secara biologis pada pria.

Dokter Narendra Dev menjelaskan bahwa Mistri tidak menunjukkan ciri-ciri feminin dan kondisi ini adalah kelainan bawaan yang jarang terjadi. Dengan operasi yang sukses, Mistri dapat pulih tanpa komplikasi lebih lanjut. 

Baca Juga: Pria di India Nekat Masukkan Belut Hidup Lewat Anus, Diduga untuk Kepuasan Seksual