Kasus Covid-19 Naik! Masyarakat Diminta Perketat Prokes Saat Mudik Lebaran

Kasus Covid-19 di Indonesia meningkat karena adanya varian baru Arcturus, oleh karena itu masyarakat diminta untuk perketat protokol kesehatan di masa libur dan cuti lebaran 2023.

Kasus Covid-19 Naik! Masyarakat Diminta Perketat Prokes Saat Mudik Lebaran
Kasus Covid-19 di Indonesia Meningkat. Gambar : Reuters/Dok. Dado Ruvic

BaperaNews - Seluruh masyarakat Indonesia diminta menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan benar di masa libur dan cuti lebaran 2023 ini, hal ini sebagai upaya untuk mencegah kasus Covid-19 naik, mengingat sudah ada peningkatan kasus Covid-19 di berbagai daerah Indonesia karena adanya varian baru Arcturus.

“Jadi upaya ini untuk antisipasi agar tidak menyebar, sebetulnya yang namanya protokol kesehatan memang harus jadi perilaku baru” tutur Epidemiolog Dicky Budiman pada Senin (17/4).

Masyarakat diminta melakukan protokol hidup yang sederhana saja seperti memakai masker di tengah kerumunan atau keramaian dan di ruang tertutup misalnya ketika acara silaturahmi dan buka bersama, istirahat dan berobat ketika merasa tidak enak badan, rajin cuci tangan, dan tidak memaksakan diri keluar rumah ketika merasa tidak sehat.

Jika mampu, upayakan mudik menggunakan kendaraan pribadi dengan tetap memperhatikan kapasitas dan kesehatan penumpang juga mudik lebih awal agar terhindar dari keramaian jalan.

Sesampainya di kampung halaman juga jangan langsung kontak dekat dengan orang lain, bersihkan badan terlebih dahulu agar memastikan bahwa tidak ada virus menyebar ke orang lain.

“Misalnya ketemu kakek nenek di kampung, jangan langsung peluk atau salim tangan dulu, cuci tangan dulu, pakai masker, lihat kondisi kita dan saudara sehat atau tidak, pastikan tidak ada apa-apa” lanjut Dicky.

Baca Juga : Kasus COVID RI Naik Kembali, Kemenkes Sebut Akibat Varian Arcturus

Dicky juga menyarankan agar masyarakat menjaga kesehatan diri selama bulan Ramadhan dengan mengkonsumsi makanan bergizi, olahraga teratur, istirahat cukup, dan jaga prokes sebagai upaya meningkatkan imun tubuh.

protokol kesehatan harus tetap diterapkan dengan kesadaran sendiri meski pemerintah telah menghentikan PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat. “Kebersihan diri ini harus jadi perilaku baru” pungkas Dicky.

Sebelumnya Kemenkes Indonesia mengumumkan subvarian Covid-19 Omicron Arcturus telah masuk Indonesia, sudah ada dua kasus yang terdeteksi namun belum diungkap dari daerah mana.

Arcturus sebelumnya membuat kasus Covid-19 naik di India dan Malaysia. Sementara untuk kasus Covid-19 naik harian di Indonesia sebelumnya telah menurun 200-200 per hari, kini meningkat jadi 900 kasus per hari.

Sebab itu hal ini tak bisa disepelekan, lakukan prokes, gaya hidup sehat, pahami kesehatan diri sendiri, dan lengkapi vaksinasi agar Indonesia tidak lagi berada di kondisi pandemi.

Baca Juga : Terdeteksi Masuk RI, Simak Gejala Covid-19 Varian Arcturus