Kapolres Tapsel Lepas Pengamanan Pilkades Serentak di Paluta

Kapolres Tapanuli Selatan memimpin pengamanan Pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Padang Lawas Utara.

Kapolres Tapsel Lepas Pengamanan Pilkades Serentak di Paluta
Kapolres Tapsel Lepas Pengamanan Pilkades Serentak di Paluta. Dok: Istimewa

BaperaNews - Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Imam Zamroni, SIK, M.H., didampingi Kepala Dinas Pemerintahan Desa Kabupaten Padang Lawas Utara, Yusup MD Hasibuan. MAP lepas pengamanan pilkades serentak di Kabupaten  Padang Lawas Utara (Paluta).

Kapolres AKBP Imam Zamroni mengatakan bahwa pasukan pengamanan Bantuan Kendali Operasi (BKO) yang terdiri dari 255  personil  dalam pengamanan Pemilihan Kepala Desa di 105 Desa dari 11 Kecamatan se-Kabupaten Paluta. 

“Pengawalan kita lakukan hari ini sebagai bentuk kepedulian kita dalam berdemokrasi di tingkat Desa ujarnya. Secara tehnik pelaksanaan pemilihan Kepala Desa di laksanakan pada esok hari tanggal 4 oktober 2023 yang di ikuti oleh 105 Desa terdiri dari 11 kecamtan di kabupaten Paluta sambungnya,” tukas AKBP Imam Zamroni saat pemberangkatan BKO dari Kantor Dinas  PMD Paluta,  Selasa (03/10).

Dalam pernyataannya Mapolres Tapsel AKBP Imam Zamroni saat dimintai keterangan mengatakan bahwa untuk pengamanan pilkades serentak di Kabupaten Paluta Polres Tapsel di bantu oleh Satuan BKO Polres Tapsel, BKO Polres Tapteng, BKO Polres Palas, BKO Polres Sibolga, BKO TNI Yonif 123 Rajawali dan BKO Brimob Yon C Poldasu.

Baca Juga: Bupati Paluta Umumkan Penundaan Pilkades Serentak di Paluta

“Untuk pengamanan pilkades serentak di Kabupaten Paluta kita Polres Tapsel menerjunkan 255 anggata yang akan mengawal mulai dari pemberangkatan Logistik yang di bawa oleh Ketua Panitia masing masing Desa dari Kantor PMD Paluta hingga menuju tempat pemilihan masing-masing Desa," ujar AKBP Imam Zamroni.

Kapolres Tapsel Imam Zamroni juga menegaskan untuk katagori daerah zona rawan pada pelaksanaan pilkades saat ini tidak ada menurut data intelijen polres namun pihaknya juga tidak menginginkan adanya keributan berkaca pada pengalaman pengalaman sebelumnya.

“Menurut data intelijen kita saat ini tidak ada katagori zona rawan untuk pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Paluta  namun tidak menampik kemungkinan mengingat pada pengalam tahun-tahun sebelumnya,” jelas Kapolres Tapsel Imam Zamroni.

Kapolres Tapsel Imam Zamroni  menyampaikan bahwa pihaknya sudah mengantipasi kemungkinan kemungkinan mengingat adanya calon yang gagal pada tahapan MI dan beberapa calon yang bertarung head to head.

"Kita sudah mengantisipasi itu sehingga di tempat-tempat itu sudah kita antisipasi dengan mengerahkan lebih banyak personil melihat situasi dan kondisi," pungkasnya.  

Baca Juga: Dinas PMD Paluta Sosialisasi Tata Cara Pelaksanaan Pemilihan Pilkades Tahun 2023