Jakarta Islamic Center Kebakaran, Diduga Dari Percikan Api Saat Renovasi Kubah

Salah satu masjid di kawasan Jakarta Utara yakni masjid Jakarta Islamic Center mengalami kebakaran, hal tersebut terjadi diduga dari percikan api ketika renovasi kubah masjid.

Jakarta Islamic Center Kebakaran, Diduga Dari Percikan Api Saat Renovasi Kubah
Jakarta Islamic Center kebakaran. Gambar : liputan6.com

BaperaNews - Jakarta Islamic Center yang berlokasi di Kecamatan Koja, Jakarta Utara kebakaran, diduga dari percikan api ketika renovasi kubah masjid Jakarta Islamic Center. Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta mendapat informasi ada renovasi kubah sebelum kebakaran terjadi.

“Menurut informasi, ketika bekerja bangunan sedang memasang triplek untuk atap kubah masjid, pekerja melelehkan membrane aspal gulung. Untuk menempel bahan atap tersebut memakai alat bakar, diduga percikan api dari alat bakar, kena bahan mudah terbakar sehingga menimbulkan api” ujar Gulkarmat DKI Jakarta melalui akun Instagramnya.

Para pekerja pun kemudian berusaha memadamkan api dengan APAR, namun api semakin membesar dan tidak bisa dipadamkan oleh alat tersebut. Staf kemudian memanggil pemadam kebakaran, 21 unit mobil Damkar dengan 55 personel datang untuk memadamkan api.

Informasi kebakaran diterima petugas pada pukul 15.23 WIB pada Rabu (19/10), titik kebakaran dari kubah masjid Jakarta Islamic Center. “Sumber apinya dari kubah masjid” ujar Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jakarta Utara Rahmat Kristanto. 

Baca Juga : Kisah Ibu di Lamongan Selamatkan Anak Dari Kebakaran, Berujung Tewas Bersama

Pemadaman api dinyatakan selesai total pada pukul 18,53 WIB, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini namun kebakaran membuat kubah masjid Jakarta Islamic Center ambruk, kubah tersebut juga sempat terbakar. “Iya ambruk” tutur Kepala UKP JIC Zulkifli Said.

Zulkifli Said menjelaskan, saat ini masjid Jakarta Islamic Center memang sedang proses renovasi, kubahnya terbakar ketika sedang direnovasi. “Kubah masjid yang sedang direnovasi oleh kontraktor” terangnya.

Rekaman kejadian ketika kebakaran terjadi juga diunggah di Instagram @humasjakfire.

Terjadi kebakaran yang melanda kubah masjid Jakarta Islamic Center, Jl. Kramat Jaya Raya, 006/001, Kel. Tugu Utara, Kec. Koja, Jakarta Utara. Saat ini masih dalam proses pemadaman dengan pengerahan sebanyak 10 unit dan 55 personil.” bunyi keterangan unggahan disertai dengan video peristiwa.

Dalam video, nampak asap hitam mengepul membakar habis kubah masjid Jakarta Islamic Center. Ketika kejadian, masjid sedang tidak ramai oleh pengunjung, terdengar kesedihan dari perekam video ketika melihat api dengan cepat menghancurkan kubah masjid yang sedang direnovasi tersebut.

Sementara itu Kepala Sub Divisi Seni Budaya Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta Islamic Center Hanny Fitriyah mengungkap kebakaran terjadi setelah shalat ashar berjamaah dilaksanakan. “Iya betul, kubah masjid terbakar setelah shalat ashar” pungkasnya.

Baca Juga : Hirup Uap BBM, Balita Berusia 2 Tahun Meninggal Dunia