Jadi Lokasi Opening Piala Dunia, JIS Ditutup Sementara Hingga Desember

JIS mengumumkan penutupan sementara hingga 1 Desember 2023 untuk memastikan persiapan Piala Dunia U-17 2023 berjalan lancar.

Jadi Lokasi Opening Piala Dunia, JIS Ditutup Sementara Hingga Desember
Jadi Lokasi Opening Piala Dunia, JIS Ditutup Sementara Hingga Desember. Gambar: Wikipedia

BaperaNews - Seluruh area Jakarta International Stadium (JIS) di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara ditutup sementara untuk publik hingga 1 Desember 2023 dalam rangka penyiapan dan penyempurnaan event Piala Dunia U-17 dimana JIS menjadi salah satu stadion tempat gelarannya.

“Mulai akhir September 2023, seluruh area Jakarta International Stadium (JIS) ditutup sementara. Mohon dukungannya ya sob! Area stadion akan dibuka kembali untuk umum mulai 1 Desember 2023. Jangan lupa ikuti media sosial kami untuk informasi menarik lainnya ya,” bunyi unggahan resmi akun Instagram @jakinstadium yang dikelola PT Jakpro pada Selasa (26/9).

Piala Dunia U-17 2023 digelar di Indonesia pada 10 November hingga 2 Desember 2023. Ada 4 stadion yang dipakai, yakni Jakarta International Stadium (JIS), Si Jalak Harupat Bandung, Manahan Solo, dan Gelora Bung Tomo Surabaya.

JIS awalnya diusulkan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir, sebagai lokasi opening Piala Dunia U-17 2023 namun kabarnya batal karena tidak disetujui oleh FIFA dan PSSI. Erick menyebut lokasi opening Piala Dunia U-17 2023 diputuskan di Gelora Bung Tomo agar jumlah penonton bisa merata.

Baca Juga: Menpora Buka Suara Soal JIS Tak Jadi Tempat Pembukaan Piala Dunia U-17

“Memang tidak mau ya FIFAnya. FIFA mengambil posisi yang penontonnya tersebar, tidak terpusat. Itu kenapa kemarin setelah pengundian pembukaannya di Surabaya. Ini memang peta kekuatan sepak bola diharapkan ada pemerataan. Yang penting kita siapkan timnas kita agar penyelenggaraan ini bisa berjalan dengan baik,” kata Erick kala itu.

Kini diumumkan JIS ditutup karena akan dipakai untuk memastikan persiapan penyelenggaraan event telah dilakukan dan berjalan dengan semua sehingga laga yang nantinya berjalan juga bisa dinikmati dengan memuaskan oleh pemain timnas maupun penonton. Untuk lokasi opening Piala Dunia U-17 2023 tetap di Gelora Bung Tomo Surabaya.

JIS ditutup untuk memudahkan seluruh pihak penyelenggara memeriksa persiapan event mengingat waktu pagelaran semakin dekat. JIS ditutup dari publik untuk memastikan semua fasilitas di dalamnya bisa dipakai dengan aman dan nyaman untuk sepak bola.

JIS menjadi stadion yang paling sibuk di Piala Dunia U-17 2023. Beberapa waktu lalu JIS sibuk merenovasi mulai dari mengganti rumput hingga memperbaiki akses menuju stadion. Semoga penyempurnaan JIS ini berjalan lancar dan tidak ada masalah, ya.

Baca Juga: Harga dan Cara Beli Tiket Piala Dunia U-17 2023