ITAP 2023, Fahd A Rafiq: Melangkah ke Depan dengan Industri Drone

Kementerian Perindustrian mendukung Asosiasi Sistem dan Teknologi Tanpa Awak (ASTTA) di pameran ITAP 2023 di Singapura.

ITAP 2023, Fahd A Rafiq: Melangkah ke Depan dengan Industri Drone
ITAP 2023, Fahd A Rafiq: Melangkah ke Depan dengan Industri Drone. Gambar : Dok.Istimewa

BaperaNews - Kementerian Perindustrian mendukung Asosiasi Sistem dan Teknologi Tanpa Awak (ASTTA) untuk berpartisipasi dalam pameran Industrial Transformation ASIA-PACIFIC (ITAP) 2023 di Singapura. Acara ini bukan hanya memamerkan teknologi drone dalam negeri, tetapi juga membuka peluang kerja sama internasional.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd A Rafiq menyatakan bahwa Indonesia dapat membuktikan kemajuan teknologinya lewat event event seperti ini.

“Teknologi saat ini sudah berkembang dengan sangat sangat cepat, maka dari itu selain kita harus berkembang mengikuti zaman namun kita juga wajib mengembangkan untuk menjadi pioneer atau yang terdepan dalam hal baru.” Ujar Fahd A Rafiq, Sabtu (28/10).

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, menyatakan komitmen dalam mendukung transformasi industri drone di Indonesia. Ia mengungkapkan bahwa sektor ini telah tumbuh signifikan di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional sejak tahun 2021.

juga disoroti peran penting industri drone dalam berbagai sektor, termasuk perkebunan, militer, dan pengawasan. Industri drone perlu terus bertransformasi dan mengikuti perkembangan teknologi terbaru.

Pameran ITAP 2023, dengan tema "Industry 4.0 for Business Sustainability," menjadi platform unggulan di Asia Pasifik bagi pemangku kepentingan yang ingin memahami dan menerapkan proses industri 4.0.

“Pada pameran ini Indonesia membawa drone sebagai salah satu teknologi yang dapat digunakan sebagai industrial function, dimana nantinya drone ini akan dapat digunakan sebagai alat bantu kerja.” Ujar Fahd A Rafiq, Sabtu (28/10).

Partisipasi dalam ITAP 2023 diharapkan dapat membantu industri drone Indonesia memperluas jaringan kerja sama internasional dan meningkatkan investasi dalam negeri.

Industri drone di Indonesia telah membentuk Asosiasi Sistem & Teknologi Tanpa Awak (ASTTA), yang bertujuan untuk memfasilitasi pengembangan industri ini dan memperkuat posisi Indonesia sebagai produsen drone terpercaya di Asia.

Penulis : Ahmad G