Ini Penyebab Pendukung Palestina dan Israel Bentrok di Bitung!

Bentrokan antara pendukung Palestina dan Israel terjadi Kota Bitung pada Sabtu, (25/11). Kanwil Kemenag Sulawesi Utara, Sarbin Sehe jelaskan penyebabnya!

Ini Penyebab Pendukung Palestina dan Israel Bentrok di Bitung!
Ini Penyebab Pendukung Palestina dan Israel Bentrok di Bitung!. Gambar : Kolase X/@sharkie

BaperaNews - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulawesi Utara, Sarbin Sehe, angkat bicara terkait bentrokan massa di Kota Bitung pada (25/11).

Menurut Sarbin, bentrokan tersebut dipicu oleh saling lempar dari dua kubu yang tengah melaksanakan aksi pendukung palestina di kota tersebut. Kejadian ini dianggap sangat disesalkan, dan Sarbin menegaskan bahwa kekerasan tidak boleh terjadi atas alasan apapun.

Ketegangan ini dianggap mengancam persatuan dan kesatuan di Sulawesi Utara, khususnya di Kota Bitung. Sarbin menyerukan kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, dan elemen masyarakat lainnya untuk tetap menjaga kerukunan. Kebersamaan, kedamaian, dan keamanan di Sulawesi Utara harus dipertahankan dengan menghindari terjadinya kekerasan.

Sarbin juga memberikan pesan agar semua pihak, termasuk umat beragama, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh adat, dapat menjaga persatuan dan kesatuan.

Dia menekankan bahwa kejadian bentrokan harus menjadi momentum untuk memperkuat kebersamaan di tengah perbedaan. Sarbin memperingatkan agar tidak mudah terprovokasi dan menyebarkan informasi yang keliru terkait peristiwa ini.

Baca Juga : Warga Palestina Dilarang Kumpulkan Air Hujan, Netanyahu: Air Hujan Milik Israel!

Selanjutnya, Sarbin mendukung langkah Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri, dan pihak keamanan yang melakukan pertemuan dengan seluruh pimpinan lembaga keagamaan.

Sarbin menyarankan agar aksi solidaritas dukungan terhadap Palestina tidak dilakukan dalam bentuk pawai di jalan, melainkan di rumah ibadah masing-masing. Ini diharapkan dapat menghindari gesekan dan mempertahankan keamanan di Sulawesi Utara.

Kronologi Bentrokan

Bentrokan terjadi saat pendukung palestina melakukan aksi dukungan terhadap Palestina. Namun, disinyalir ada kesalahpahaman yang menyebabkan bentrok dengan salah satu organisasi massa di Kota Bitung.

Pemerintah dan aparat keamanan bertindak cepat untuk mengamankan situasi. Pada Sabtu malam pukul 19.50 Wita, kondisi pusat Kota Bitung sudah dapat dikendalikan dan dinyatakan aman.

Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri, turut angkat bicara dengan mengimbau seluruh masyarakat Kota Bitung untuk bersama-sama menjaga situasi dan kondisi agar tetap kondusif. Dia mengajak masyarakat untuk mendukung upaya pemerintah dengan tidak menyebarkan foto dan video yang dapat memprovokasi.

View this post on Instagram

A post shared by Bapera News (@baperanews)

Baca Juga : Israel Bakal Lakukan Gencatan Senjata Selama 4 Hari