Hitungan Detik AI Bobol Password, Ini Cara Menghindarinya!

Badan keamanan siber bernama Home Security Heroes menyampaikan bahwa AI bisa dipakai untuk meretas kata sandi seseorang dalam hitungan detik

Hitungan Detik AI Bobol Password, Ini Cara Menghindarinya!
Dalam hitungan detik AI bisa bobol password. Gambar : Freepik.com/Dok. Rawpixel.com

BaperaNews - Teknologi kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) punya dampak buruk jika disalahgunakan yakni AI bobol password. Kini yang terbaru, AI bisa dipakai untuk meretas kata sandi seseorang dalam hitungan detik. Informasi ini disampaikan oleh Badan keamanan siber bernama Home Security Heroes.

Perusahaan tersebut melakukan studi untuk mempelajari peretasan password dengan alat khusus bernama PassGAN (Password Generative Adversarial Network). Dengan alat itu, perusahaan telah menganalisis 15 juta lebih kata sandi yang diambil dari insiden kebocoran data yang terjadi di berbagai akun media sosial seperti Facebook dan MySpace.

Temuan PassGAN ini dilaporkan bisa meretas password 6 karakter dengan instant, jika memuat simbol, PassGAN butuh waktu 4 detik untuk menjebolnya. Alat berbasis AI (Artificial Intelligence) itu mampu membobol password dengan 7 karakter pula secara langsung, jika ada kombinasi huruf besar dan kecil waktu peretasan sebanyak 22 detik saja.

PassGAN diungkap mulai kewalahan membongkar kata sandi jika ada 12 karakter dengan kombinasi angka, simbol, dan huruf besar kecil. Kombinasi rumit tersebut membuat PassGAN butuh waktu 30 ribu tahun untuk membobolnya.

Baca Juga : Google Mulai Uji Coba Chatbot Bard, Teknologi AI Pesaing ChatGPT

Maka jika ingin password yang dimiliki benar-benar aman dari AI bobol password, disarankan untuk membuat password dengan 18 karakter dimana berisi seluruh kombinasi huruf, angka, simbol, serta huruf besar kecil. Agar AI harus putar otak hingga 6 kuintiliun tahun untuk bisa menembusnya.

Hasil studi yang dilakukan Home Security Heros juga menunjukkan ada 51% kata sandi yang umum dan pasaran dibuat oleh pengguna media sosial dimana kata sandi tersebut pada akhirnya bisa diretas dengan mudah kurang dari 1 menit menggunakan AI bobol password.

Kemudian 65% kata sandi bisa dijebol dalam waktu kurang dari 1 jam. 71% kata sandi pasaran dijebol dalam waktu kurang dari sehari, dan 81% password bisa diretas kurang dari sebulan. Peretasan dilakukan PassGAN dengan cara mempelajari distribusi kata sandi asli dari kebocoran data yang ada.

Hal ini jelas lebih mudah dibanding mengandalkan pikiran manusia untuk berpikir manual. Berikut cara menghindari AI bobol password dari Home Security Heroes agar passwordnya terhindar dari peretasan.

Cara Menghindari AI Bobol Password dari Home Security Heroes: 

  • Pakai kata sandi dengan 15 karakter yang memuat huruf besar kecil, dua angka, dan dua simbol.
  • Hindari memakai password dengan kalimat yang mudah dimengerti.
  • Lakukan penggantian kata sandi secara berkala 3-6 bulan sekali, pastikan kata sandi tidak diketahui orang lain.
  • Jangan pakai password yang sama untuk tiap akun agar jika terjadi peretasan akun yang lain tidak terdampak.
  • Buat password konsisten hasil buatan sendiri yang unik.

Baca Juga : Anti Plagiarism, Turnitin Rilis AI Guna Deteksi Tulisan ChatGPT