Hati-Hati! Korlantas Polri Tetap Berlakukan Tilang ETLE Saat Mudik 2023

Korlantas Polri menyampaikan bahwa tilang elektronik (ETLE) akan diperketat selama musim mudik lebaran 2023.

Hati-Hati! Korlantas Polri Tetap Berlakukan Tilang ETLE Saat Mudik 2023
Tilang Elektronik Saat Mudik 2023. Gambar : Kumparan/Dok. Helmi Afandi Abdullah

BaperaNews - Tilang elektronik (ETLE) dipastikan tetap berlaku sepanjang masa mudik dan lebaran 2023 mendatang.

“Kalau tilang ETLE tetap berlaku ya, kita memberi pelajaran pada masyarakat bahwa tidak ada toleransi untuk hal ini” tutur Direktur Keamanan dan Keselamatan Korlantas Polri Brigjen Ery Nursatari pada Selasa (11/4).

Tetap diberlakukannya tilang ETLE ini agar masyarakat dan pemudik tetap berusaha disiplin dan taat pada rambu lalu lintas di sepanjang jalan mudik, agar perjalanan juga bisa berjalan lancar, tertib, dan aman untuk semua orang.

Demi menjamin keamanan dan ketertiban tersebut, tilang ETLE akan diperketat selama mudik lebaran 2023. “Justru akan kita perketat supaya mereka juga sadar meski sedang sibuk mudik tetap harus patuh pada aturan jangan sampai melanggar, jadi ETLE tetap hidup” imbuhnya.

Ery meminta semua masyarakat baik itu yang memakai kendaraan pribadi maupun sopir yang mengemudikan kendaraan umum untuk tetap memperhatikan dan patuh pada rambu lalu lintas, tetap menjaga kedisiplinan di jalan, dan yang terpenting jangan sampai membawa penumpang lebih dari kapasitas kendaraan.

“Hati-hati untuk para pengguna motor, boncengan tiga, atau lebih penumpang, dan segala macamnya itu nanti akan dibidik ETLE, sistem tetap berjalan” pungkas Ery.

Baca Juga : Kapolri Ajak Masyarakat Untuk Rutin Lihat Informasi Mudik Lebaran 2023

Menhub Budi Karya juga menyebut di tahun 2023 ini diperkirakan akan terjadi kenaikan jumlah pemudik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Perkiraan ada 123,8 juta orang mudik di tahun ini.

“Melihat potensi masyarakat yang begitu tinggi pergerakannya di musim mudik tahun ini, kami bersama pemangku kepentingan lain akan menyiapkan langkah-langkah untuk antisipasinya” tutur Budi.

Selain menjamin persiapan di jalan untuk keamanan dan kedisiplinan pemudik dengan tetap menghidupkan ETLE, pemerintah sebelumnya juga telah menjalankan  berbagai program untuk mencegah penumpukan pemudik di hari yang sama (H-1 atau H-2 Lebaran) dengan membuat program mudik gratis dengan tanggal keberangkatan lebih awal.

Memberikan diskon tiket kereta api bagi penumpang yang mudik lebih awal, meminta seluruh perusahaan memberi THR pada pekerja lebih awal, serta memajukan hari libur dan cuti lebaran lebih awal.

Diharapkan segala program yang telah dijalankan tersebut bisa membantu mudik lebaran 2023 ini lebih lancar dan aman untuk seluruh warga Indonesia.

Baca Juga : Catat Lokasi SPKLU di Rest Area Saat Mudik Lebaran!