Hampir 1 Kg Rambut Bersarang di Dalam Perut Wanita, Ini Pemicunya!

Dokter di RS Verdi menemukan gumpalan rambut hampir 1 kg di perut pasien wanita 24 tahun.

Hampir 1 Kg Rambut Bersarang di Dalam Perut Wanita, Ini Pemicunya!
Hampir 1 Kg Rambut Bersarang di Dalam Perut Wanita, Ini Pemicunya!. Gambar : X/HospitalVerdi

BaperaNews - Dokter di Rumah Sakit Verdi dikejutkan dengan penemuan yang tidak biasa di dalam tubuh seorang pasien wanita berusia 24 tahun. Mereka menemukan gumpalan rambut seberat hampir 1 kg dan sepanjang hampir 40 cm di dalam perutnya.

Kisah ini bermula ketika pasien wanita tersebut datang ke rumah sakit dengan keluhan sulit makan dan minum. Tidak hanya itu, perutnya juga membesar, timbul nyeri, muntah-muntah, hingga berat badannya menurun drastis.

Setelah menjalani pemeriksaan melalui video endoskopi, dokter menemukan gumpalan rambut di saluran pencernaannya. Temuan ini dikaitkan dengan bezoar, yaitu gumpalan benda yang tidak bisa dicerna perut dengan baik.

Gumpalan rambut tersebut sudah mulai menyebar ke bagian pertama usus dan memicu berbagai masalah kesehatan. Tim dokter menyebut bahwa benda asing itu telah bersarang selama dua tahun terakhir di perut pasien.

Kondisi ini cukup serius karena penyumbatan besar tersebut juga mencapai bagian pertama usus, menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan dan ketidakmampuan untuk makan. 

"Karena penyumbatan yang besar, yang juga mencapai bagian pertama usus, berat badan pasien turun banyak dan tidak bisa makan. Selain menyelamatkan nyawanya, operasi ini juga mencegah cedera perut serius lainnya," ucap juru bicara RS Verdi pada Senin (22/7).

Baca Juga: Wanita Asal China Ini Punya Berat Cuma 25 Kg dengan Tinggi 160 Cm

Operasi untuk mengeluarkan gumpalan rambut tersebut berlangsung selama 45 menit.

Tim dokter mengungkapkan bahwa pasien wanita tersebut mengidap Rapunzel syndrome atau trichophagia, yaitu gangguan di mana seseorang memiliki kebiasaan memakan rambutnya sendiri. Saat ini, pasien wanita tersebut menjalani perawatan psikiatris.

"Itu adalah massa yang memenuhi seluruh rongga lambung dan bahkan dapat diidentifikasi dengan sentuhan dari luar. Dia pasien dengan gangguan psiko-emosional," ucap ahli bedah utama Pedro Lovato.

Menurut Choosing Therapy, trichophagia adalah gangguan gejala somatik psikiatris yang sering dialami oleh wanita.

Kondisi ini bisa menyebabkan masalah medis serius akibat berkumpulnya rambut di dalam saluran pencernaan. Trichophagia sering kali dikaitkan dengan trichotillomania, yaitu kondisi mental yang menyebabkan kebiasaan mencabut rambut.

Gejala trichophagia sering tidak muncul sampai saluran pencernaan tersumbat oleh rambut setelah beberapa tahun. Hal ini sering kali tidak terdiagnosis dengan baik atau tidak diobati karena sering disangka sebagai masalah pencernaan biasa.

Tanda-tanda Trichophagia

Beberapa tanda-tanda orang yang mengalami trichophagia antara lain:

  • Sakit perut atau bengkak
  • Massa berkembang di perut bagian atas
  • Halitosis (bau mulut)
  • Peritonitis (radang selaput dinding perut)
  • Mual
  • Muntah
  • Merasa kenyang walau makan dalam porsi kecil
  • Rambut rontok
  • Penurunan berat badan

Tidak ada penyebab pasti dari masalah trichophagia. Namun, pasien dengan masalah ini memiliki kecenderungan neurobiologis tertentu.

Misalnya seperti cacat intelektual, anemia, dan kekurangan zat besi. Perlu digarisbawahi bahwa beberapa hal tersebut belum diketahui secara pasti keterkaitannya dengan kondisi trichophagia.

Baca Juga: Waduh! Sabut Kawat Ini Nyangkut Saat Anak Makan Bihun