Gempa Guncang Tuban Hari Ini Sebesar 6 Magnitudo, BMKG: Tak Berpotensi Tsunami

Gempa bumi magnitudo 6 mengguncang Kabupaten Tuban, Jawa Timur, pada hari Jumat (22/3) pukul 11.22 WIB. Simak selengkapnya di sini!

Gempa Guncang Tuban Hari Ini Sebesar 6 Magnitudo, BMKG: Tak Berpotensi Tsunami
Gempa Guncang Tuban Hari Ini Sebesar 6 Magnitudo, BMKG: Tak Berpotensi Tsunami. Gambar: Twitter/X/@infoBMKG

BaperaNews - Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6 mengguncang Kabupaten Tuban, Jawa Timur, pada hari Jumat (22/3) sekitar pukul 11.22 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa pusat gempa berada di laut, tepatnya di koordinat 5,74 Lintang Selatan dan 112,32 Bujur Timur, dengan kedalaman sekitar 10 kilometer. Gempa di Tuban hari ini ini menjadi perbincangan hangat di media sosial, terutama Twitter/X ketikan akun @infoBMKG mengumumkannya.

Meskipun gempa di Tuban memiliki kekuatan yang cukup besar, BMKG menegaskan bahwa tidak ada potensi tsunami yang akan terjadi sebagai dampak dari gempa ini. Meskipun demikian, warga diminta tetap waspada terhadap gempa susulan yang mungkin terjadi.

Menurut laman peringatan BMKG, warga diimbau untuk memperhatikan informasi terbaru dan mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan gempa susulan.

Getaran gempa tidak hanya dirasakan di Tuban, tetapi juga merambat ke beberapa wilayah sekitarnya. Warganet melaporkan bahwa gempa tersebut terasa cukup kuat di Bojonegoro, Jepara, Gresik, hingga Surabaya.

Baca Juga: 11 Kecamatan di Demak Terendam Banjir, 93 Ribu Jiwa Terdampak

Bahkan, getarannya sampai terasa di Kabupaten Trenggalek, yang berjarak cukup jauh dari pusat gempa

"Mulai awal terasa sekitar 5 detik. Jadi awalnya terasa bergetar mengayun pelan, semakin lama semakin lemah," ucap Iwan warga Trenggalek yang menyatakan keluhannya di media sosial.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Trenggalek, Triadi Atmono, menjelaskan bahwa guncangan gempa juga dirasakan di wilayah lain di Jawa Timur, seperti Kabupaten Tulungagung, Pacitan, Nganjuk, Malang, Madiun, Surabaya, serta Yogyakarta dan Semarang.

Meskipun guncangannya terasa di sejumlah wilayah, belum ada laporan kerusakan bangunan atau korban jiwa yang dilaporkan.

Dengan adanya respons cepat dari BMKG dan BPBD setempat, masyarakat diharapkan tetap tenang dan waspada menghadapi kemungkinan gempa susulan.

Baca Juga: BNPB Bangun Rumah Tahan Gempa Untuk Korban Longsor di Bogor, Total 38 Unit