Game College Brawl Dikenal Sesat, Ini Alasannya!

Saat ini TikTok sedang dihebohkan dengan kehadiran game yang disebut sesat yakni College Brawl karena dinilai mengandung unsur kekerasan.

Game College Brawl Dikenal Sesat, Ini Alasannya!
Game College Brawl Dikenal Sesat, Ini Alasannya!. Gambar: Dok.SuaraMerdeka

BaperaNews - Warganet Indonesia belakangan ini kehadiran game sesat yang sedang viral di platform TikTok, yaitu College Brawl. Permainan ini mencuri perhatian karena dinilai mengandung unsur kekerasan dan adegan seksual dewasa. Dalam game ini, beberapa bagian hanya dapat dilihat oleh mereka yang berusia 18 tahun ke atas.

Dalam serangkaian unggahan di TikTok, banyak pengguna yang melakukan siaran langsung (live) saat bermain College Brawl. Menariknya, penonton live ini tidak hanya berasal dari kalangan dewasa, melainkan juga anak-anak.

Hal ini tentu membuat kekhawatiran bagi orangtua dan warganet yang merasa resah melihat anak-anak mereka terpapar konten yang seharusnya hanya diperuntukkan bagi usia tertentu.

Sejumlah warganet di platform X (sebelumnya Twitter) menyampaikan kekhawatiran mereka terkait game sesat ini. Beberapa di antaranya merasa terkejut dengan adanya adegan kekerasan dan seksual dalam game yang dapat diakses oleh berbagai kalangan usia, termasuk anak-anak.

"ASLIII KALIAN TAU GA SIH GAME COLLEGE BRAWL??? pas live lewat fypku, kaget banget. dan katanya juga banyak bocil yang nonton, serem asli deh kok bisa lolos gitu aja," ujar salah satu warganet melalui @convomf.

Keresahan semakin meluas ketika beberapa warganet menyebutkan bahwa aplikasi TikTok dinilai berbahaya bagi anak-anak, terutama jika digunakan tanpa pengawasan orang tua.

Baca Juga : Wow! Orang Indonesia Habiskan Rp30 Triliun untuk Game Online Luar Negeri

Munculnya konten-konten yang tidak sesuai dengan umur pengguna menjadi sorotan, dan beberapa warganet menyuarakan ketidakpuasan terhadap kegagalan TikTok dalam memblokir atau menanggulangi konten berbahaya tersebut.

“Asli tiktok tu bahaya bgt an***, pengguna nya rata-rata masih banyak anak di bawah umur yang pemakaian nya tanpa diawasi orang tua, ditambah konten-konten sex kaya gini sama tiktok tu gapernah di banned, ngeriii,” tulis salah satu pengguna akun TikTok.

Ketidakpuasan terhadap kebijakan TikTok juga muncul dalam keluhan bahwa pemilihan opsi "blokir" atau "tidak tertarik" tidak efektif, dengan video yang sama masih tetap muncul di feed pengguna.

“Mana tiktok kalo klik 'blokir' atau 'tidak tertarik' tetep muncul video yg sama, hadeeh,” tulis pemilik akun lainnya.

“Plis banned rame” bahaya banget dilihat, mana kebanyakan yang main tiktok ini yang dibawah umur tanpa diawasi orang tua,” tambah akun lain.

Melansir dari beberapa sumber, College Brawl merupakan game petualangan khusus dewasa yang dikembangkan oleh Supercell. Berbeda dengan game lainnya, College Brawl hanya boleh dimainkan oleh mereka yang berusia 18 tahun ke atas, dan game ini tidak tersedia di platform resmi seperti Google Play atau App Store.

Aplikasi permainannya beredar luas di internet melalui situs-situs tertentu yang memberikan link pengunduhannya. Namun, perlu diingat bahwa mengunduh game ini dari sumber yang tidak resmi dapat membahayakan perangkat yang digunakan. Game yang telah dimodifikasi dapat mengandung virus, malware, hingga berpotensi menyebabkan kebocoran data pribadi.

Baca Juga : Trailer Resmi GTA 6 Akan Dirilis oleh Rockstar Games Per Desember 2023!