Fitur Baru WhatsApp: Room Chat Bisa Dikunci Pakai Sidik Jari

Whatsapp sedang menguji coba fitur baru yang memungkinkan pengguna mengunci chat menggunakan sidik jari, sebagai langkah untuk menjaga keamanan dan privasi pengguna. Fitur "Lock Chat" dapat diaktifkan pada Whatsapp beta versi terbaru.

Fitur Baru WhatsApp: Room Chat Bisa Dikunci Pakai Sidik Jari
Fitur Baru WhatsApp: Room Chat Bisa Dikunci Pakai Sidik Jari. Gambar : Unsplash.com/Dok. Christian Wiediger

BaperaNewsPernah merasa terganggu ketika pesan Whatsapp dibaca orang lain? aplikasi pesan instan Whatsapp sedang menguji coba fitur baru yang mencegah pesan dibaca sembarang orang.

Whatsapp luncurkan fitur baru yang berhubungan dengan privasi pengguna. Chat WA akan bisa dikunci dengan sidik jari. Fitur bernama “Lock Chat” sudah bisa dicoba oleh pengguna WA versi beta berbagai negara termasuk Indonesia.

Fitur kunci pesan WhatsApp sudah bisa dicoba sejak hari Minggu (14/5) di Whatsapp beta versi 2.23.9.17 atau 2.23.10.19. Untuk mencobanya, pengguna harus memperbarui aplikasi terlebih dahulu. Cara pengaktifan fitur dengan mengklik chat di salah satu kontak atau grup yang ingin dikunci pesannya.

Cara Memakai Fitur Kunci Pesan Whatsapp

Pengguna akan temukan opsi “Chat lock” atau “Kunci Chat” di bawah menu “Enkripsi” dan “Pesan Sementara”. Setelah menekan Chat Lock, pengguna akan mendapat opsi “Kunci Pesan ini dengan Sidik Jari” yang akhirnya bermanfaat menggembok chat, chat tidak akan bisa dibuka tanpa sidik jari. 

Baca Juga : Daftar HP yang Diblokir WhatsApp Pada Tahun 2023

Jika opsi tersebut diaktifkan, obrolan akan terkunci dan tersembunyi di laman chat Whatsapp. Jika ingin membuka, pengguna memakai tab khusus “Locked Chat” yang berada di menu pesan arsip atau “Archived”.

Chat Diamankan dengan Sidik Jari

Chat hanya bisa diamankan dengan sidik jari, sehingga tidak akan bisa dilihat oleh orang lain. Menurut informasi, chat juga bisa dikunci dengan PIN meski sejauh ini opsi yang muncul baru sidik jari. Hal ini wajar karena fitur masih tahap uji coba dan bisa berubah ke depannya.

Chat yang dikunci juga tidak akan memunculkan notifikasi, notif baru muncul ketika chat tersebut dibuka pengguna. Pengguna bisa temukan chat yang ia kunci di fitur “Search” atau Pencarian. Meski bisa dicari, pesan tetap tidak bisa dibuka tanpa sidik jari.

Tidak semua pengguna WA mendapat pembaruan untuk fitur kunci pesan WhatsApp ini, fitur muncul secara acak pada pengguna. Pihak Whatsapp juga belum mengumumkan kapan fitur ini akan dirilis secara resmi di seluruh dunia atau merata.

Fitur Lock Chat ini diperkirakan akan makin memudahkan pengguna WA menjaga privasinya mengingat selama ini chat WA bisa dibuka jika kunci ponsel pengguna juga dibuka, membuat pengguna seringkali merasa kurang nyaman jika ada yang melihat pesan pribadinya.

Baca Juga : Langkah Baru Meta Zuckerberg: Tambahkan Fitur AI di Instagram dan WhatsApp