WhatsApp Web Kini Bisa Video Call, Ini Caranya

WhatsApp Desktop memperkenalkan fitur panggilan video, memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi langsung dari komputer.

WhatsApp Web Kini Bisa Video Call, Ini Caranya
WhatsApp Web Kini Bisa Video Call, Ini Caranya. Gambar : unsplash.com/Dok. LinkedIn Sales Solutions

BaperaNews - WhatsApp terus meningkatkan fungsionalitasnya untuk pengguna komputer dengan mengenalkan fitur video call melalui WhatsApp Desktop. Sebelumnya, panggilan video hanya tersedia di versi seluler.

Namun, dengan perkembangan terbaru ini, pengguna sekarang dapat melakukan panggilan video langsung dari komputer atau laptop mereka, tetapi dengan beberapa keterbatasan.

Perkembangan ini datang sebagai respon terhadap permintaan pengguna yang meningkat untuk fleksibilitas komunikasi. Terlebih, di era digital saat ini, kebutuhan akan komunikasi yang efisien dan efektif menjadi semakin penting.

"Video Call WhatsApp Web dapat dilakukan melalui WhatsApp Desktop. Anda bisa melakukan panggilan suara dan video gratis di kontak WhatsApp Desktop," sebagaimana dikutip dari faq.WhatsApp.com.

Namun, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Untuk pengguna Windows, panggilan video mendukung Windows 10 64 bit versi 1903 atau lebih baru. Sementara pengguna Apple membutuhkan macOS 10.13 atau lebih baru.

Meski begitu, fitur ini memiliki keterbatasan. Berbeda dengan versi mobile yang mendukung panggilan grup, WhatsApp Desktop hanya memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan personal.

Baca Juga: Cara Simpan Chat WhatsApp Web di Google Drive Agar Lebih Aman

Cara Melakukan Video Call di WhatsApp Web:

  1. Download dan instal WhatsApp Desktop terlebih dahulu untuk Windows atau Mac.
  2. Masuk akun WhatsApp Anda dengan memindai kode QR menggunakan ponsel.
    • Untuk ponsel Android: Klik ikon tiga titik di pojok kanan atas dan pilih "Perangkat Tertaut".
    • Untuk iPhone: Pilih menu pengaturan di kanan bawah dan ketuk "Perangkat Tertaut".
  3. Setelah berhasil login, pastikan komputer atau laptop Anda terhubung ke jaringan internet.
  4. Izinkan WhatsApp untuk mengakses mikrofon dan kamera komputer Anda.
  5. Pastikan perangkat audio, mikrofon, dan kamera berfungsi dengan baik.
  6. Anda bisa memakai headset untuk kualitas audio yang lebih baik.
  7. Buka chat individu atau kontak yang ingin Anda hubungi.
  8. Klik ikon panggilan video untuk mulai.
  9. Selama panggilan berlangsung, Anda memiliki opsi untuk menyalakan atau mematikan mikrofon dan video.
  10. Untuk mengakhiri panggilan, klik "Akhiri Panggilan".

Tak hanya itu, WhatsApp Desktop juga memudahkan Anda saat menerima panggilan masuk. Anda bisa menerima, menolak, atau bahkan mengabaikan panggilan dengan mudah saat notifikasi muncul di layar. Fitur lain yang menarik adalah kemampuan untuk beralih dari panggilan suara ke video dengan sekali klik.

Namun, penting untuk dicatat bahwa, "Cara video call WhatsApp Web belum bisa dilakukan. Panggilan telepon dan video call hanya bisa dilakukan melalui WhatsApp Desktop saja," sebagaimana dinyatakan dalam laman resmi WhatsApp.com.

Dengan inovasi ini, WhatsApp kembali menegaskan komitmennya untuk menyediakan platform komunikasi yang konsisten dan berkualitas untuk semua penggunanya, baik di ponsel maupun di komputer. Pastikan untuk selalu memperbarui aplikasi Anda agar dapat menikmati semua fitur terbaru dari WA Web.

Baca Juga: Asyik! Kini Satu Device Bisa Pakai Dua Akun Whatsapp