Fakta Menarik Candi Prambanan Yang Perlu Kamu Ketahui!

Candi Prambanan merupakan Candi Hindu paling besar di Indonesia, siapa sangka candi tersebut memiliki fakta menarik yang begitu luar biasa. Simak fakta menarik Candi Prambanan!

Fakta Menarik Candi Prambanan Yang Perlu Kamu Ketahui!
Candi Prambanan. Gambar : Unsplash.com

BaperaNews - Daerah istimewa Yogyakarta memang selalu memberikan kejutan dengan spot dan destinasi petualangan yang indah. Nah kali ini, destinasi petualangan yang kami anjurkan sudah berumur ratusan tahun atau bahkan ribuan tahun lamanya, yakni Candi Prambanan.

Apa saja fakta menarik Candi Prambanan?

Candi Prambanan merupakan Candi Hindu paling besar di Indonesia, salah satu peninggalan bangunan bersejarah. Candi Prambanan mempunyai arsitektur yang megah, unik dan memiliki karakter tersendiri. Kemegahan Candi Prambanan saling balap-balapan dengan kemegahan candi tetangga, yakni Candi Borobudur. Nah, untuk kalian yang sudah datang atau belum datang ke Candi Prambanan, apakah kalian sudah mengetahui fakta menarik Candi Prambanan?

Yuk simak fakta menarik Candi Prambanan agar kalian semua tahu!

1. Nama Asli Candi Prambanan

Nama Asli Candi Prambanan, Siwagrha. Gambar : Unsplash.com

Candi Prambanan memiliki nama asli yakni Siwagrha, nama tersebut memiliki arti sebagai Rumah Siwa. Dewa Siwa merupakan dewa yang begitu istimewa di masa pemerintahan Rakai Pikatan. 

Rakai Pikatan mendirikan arca Siwa Mahadewa dengan tinggi 3 Meter yang terletak di ruang utama Candi Prambanan sebagai wujud rasa hormatnya. Oleh karena itu, Candi Prambanan merupakan salah satu candi hindu yang benar-benar di istimewakan. 

Nah hal tersebut merupakan fakta menarik Candi Prambanan, pasalnya kita hanya tau nama asli candi itu ya candi Prambanan bukan Siwagrha. 

2. Konsep Pembentukan Menyerupai Gunung Semeru

Konsep pembentukan seperti Gunung Semeru. Gambar : Unsplash.com

Berlandaskan kosmologi Hindu Kuno, Candi Prambanan dibentuk menyerupai puncak Gunung Semeru (Mahameru), hal itu dilakukan karena masyarakat Hindu mempercayai bahwa puncak Gunung Semeru adalah salah satu tempat paling dekat dengan nirwana, karena ketinggiannya.

Oleh sebab itu, Candi Prambanan yang dibentuk menyerupai puncak Gunung Semeru (Mahameru) diharapkan bisa sebagai representasi tempat tinggi tersebut dan juga perlambangan rumah para dewa. Nah untuk kalian yang belum pernah mendaki Gunung Semeru, kalian bisa datang ke Candi Prambanan.

Konsep pembentukan menyerupai puncak gunung Semeru atau yang biasa disebut puncak Mahameru merupakan fakta menarik Candi Prambanan yang selama ini tidak pernah kita ketahui. 

Baca Juga : Terapkan Tips Ini Agar Liburan Menjadi Nyaman Dan Menyenangkan

3. Tempat Ibadah Dewa Siwa Terbesar Di Indonesia

Tempat Ibadah Dewa Siwa Terbesar Di Indonesia. Gambar : Unsplash.com

Candi Prambanan atau Candi Siwa merupakan bangunan candi yang menjadi tempat pemujaan Dewa Siwa terbesar di Indonesia. Hal tersebut berlandaskan puncak Candi Siwa yang berdiri di ketinggian 47 Meter. Seperti yang sudah disebutkan di atas, Candi Prambanan dibuat sangat mewah seperti Puncak Gunung Semeru atau Mahameru.

Sehingga predikat sebagai tempat ibadah atau pemujaan Dewa Siwa terbesar di Indonesia ada di Candi Prambanan. Hal tersebut mengidentifikasikan konsep kepercayaan Puncak Gunung Semeru yang disebut Mahameru sebagai salah satu puncak gunung tertinggi di Indonesia dan dihadirkan di Candi Prambanan ini. 

4. Relief Yang Bercerita Tentang Ramayana

Relief yang bercerita tentang Ramayana. Gambar : Unsplash.com

Relief yang terdapat di Candi Prambanan bukan saja tentang hiasan belaka. Relief Candi Prambanan menceritakan tentang suatu legenda yang populer di Indonesia. Ya, Relief Candi Prambanan menceritakan tentang Ramayana.

Alur cerita tersebut diawali dari Pradaksina ataupun sisi timur di lingkungan Candi Siwa. Buat menikmati kisahnya, kalian wajib berjalan memutar searah jarum jam. Kemudian, kalian juga dapat melanjutkan cerita Ramayana dengan mengunjungi sisi selatan Candi Brahma. 

Baca juga : Rekomendasi Tempat Wisata Di Jakarta Yang Cocok Kamu Kunjungi Saat Libur

5. Puncak Candi Berbentuk Mahkota

Puncak Candi Prambanan berbentuk Mahkota. Gambar : Unsplash.com

Puncak Candi Prambanan bila dicermati, merupakan suatu wujud mahkota yang dinamai Puncak Mastaka. Puncak ini bukan berarti cuma suatu hiasan, tetapi memiliki makna tertentu. Puncak Mastaka ini memiliki makna selaku halilintar. 

Sungguh indah bukan? konsep pembentukan menyerupai gunung semeru dan puncak Candi Prambanan berbentuk mahkota. Fakta tersebut merupakan salah satu fakta menarik Candi Prambanan

6. Mitos Gagal Nikah Jika Ke Candi Roro Jonggrang

Ilustrasi Candi Roro Jonggrang. Gambar : Unsplash.com

Untuk masalah cerita tersebut, sepertinya kali ini kalian butuh analisis lebih benar ataupun tidak pada cerita legenda tersebut. Terdapat suatu legenda ataupun mitos kalau seorang berpasangan yang hendak menikah, akan kandas dalam pernikahannya sebab mendatangi Candi Roro Jonggrang.

Mitos ini tidak senantiasa benar. Jadi, tidak ada salahnya pula mendatangi Candi Roro Jonggrang, serta kalian tidak butuh khawatir hendak mitos tersebut. 

7. Candi Prambanan Hanya Dibangun Dengan Semalam?

Candi Prambanan Hanya Dibangun Dengan Semalam? Gambar : Unsplash.com

Legenda menggambarkan kalau Candi Prambanan merupakan hasil karya dari Bandung Bondowoso bersama bala bantuannya membangun candi ini dalam satu malam kayaknya kurang pas. Perihal ini disebabkan terdapat riwayat bila Rakai Pikatan yang membangun Candi Prambanan tersebut.

Dalam prasasti Wantil ataupun prasasti Siwagrha, tertulis kalau Rakai Pikatan mendirikan suatu bangunan suci buat Dewa Siwa. Bersumber pada identitas yang ditorehkan dalam prasasti tersebut, bangunan yang dimaksudkan dalam prasasti itu menuju ke Candi Prambanan.

Wah, nyatanya begitu ya fakta- fakta menarik Candi Prambanan. Gimana nih menurut kalian? Apakah kalian akan terus jadi penasaran dengan keelokan alam yang terdapat di Candi Prambanan, ataupun paling tidak, apakah kalian penasaran dengan bermacam kenyataan menarik tersebut?

Jika begitu, langsung saja nih kalian persiapkan hari libur buat tiba ke situ, siapkan budget seperlunya, berkemas serta langsung saja berangkat! 

Oh iya, jika kalian mengenali bermacam data lain tentang fakta menarik Candi Prambanan, yang belum disebutkan di atas, silahkan tambahkan data tersebut di kolom pendapat di dasar ini, ya. Pasti fakta tersebut akan bermanfaat buat para petualang yang akan berangkat ke situ! 

Baca Juga : Tips Liburan Murah Dan Hemat Ke Pulau Komodo