Fahd A Rafiq Bicara Kesiapan TNI Pastikan Pengamanan KTT ASEAN di Jakarta

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memastikan kesiapan pengamanan KTT ASEAN Summit Tahun 2023.

Fahd A Rafiq Bicara Kesiapan TNI Pastikan Pengamanan KTT ASEAN di Jakarta
Fahd A Rafiq Bicara Kesiapan TNI Pastikan Pengamanan KTT ASEAN di Jakarta. Gambar : Dok.Istimewa

Bapera News - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memastikan kesiapan pengamanan KTT ASEAN Summit Tahun 2023. Hal tersebut diungkap Yudo setelah menerima paparan Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma terkait pengamanan.

Dalam rapat tersebut Yudo menyampaikan bahwa pengamanan kali ini tidak akan berbeda jauh dengan pengamanan pada KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur.

"KTT ASEAN sudah pernah dilaksanakan, jadi saya yakin perwira semuanya dapat melaksanakan tugas ini dengan baik dan selanjutnya dibutuhkan kerjasama antar Satgas yang sifatnya koordinasi," kata Yudo dalam keterangan resmi Puspen TNI pada Jumat (18/8/2023).

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq, menyampaikan bahwa TNI akan memastikan kesiapan pengamanan KTT ASEAN tahun 2023. Melalui penyampaian Panglima TNI Laksamana Yudo dalam rapat pembahasan pengamanan KTT ASEAN 2023.

“Melalui Panglima TNI Laksamana Yudo dalam rapat pembahasan kesiapan pengamanan KTT ASEAN tahun 2023, pembahasan tersebut terkait kesiapan TNI dalam pengamanan KTT ASEAN ke-43 di Jakarta,  Ungkapan Panglima TNI adalah dalam pengamanan ini semuanya dapat melaksanakan tugas dengan baik.” Ujar Fahd A Rafiq.

Fahd A Rafiq menambahkan, “Semoga kita menjadi tuan rumah yang baik, dan kita pastikan para tamu undangan aman dan nyaman dalam acara KTT ASEAN ke-43, TNI akan menjalankan tugasnya dengan baik,  dan dapat menlancarkan acara KTT ASEAN Ke-43 yang berlangsung di Jakarta pada tanggal 5 sampai 7 September 2023 mendatang.” Tutupnya

Pada kegiatan tersebut terdapat beberapa Satuan Tugas yang akan melaksanakan pengamanan.

Satgas tersebut di antaranya Satgas Pam VVIP dan Pam Wilayah, Satgas Udara/Hanud, Satgas Passus, Satgas Penerangan, Satgas Medis, Satgas Intel, Satgas Laut, Satgas Pam Bandara dan Pelabuhan, Satgas Komlek, Satgas Evakuasi, dan Satgas Siber.

Pam VVIP KTT ASEAN tersebut digelar untuk menjamin keamanan, keselamatan dan kenyamanan pribadi VVIP peserta Konferensi setiap saat di manapun berada, serta menjamin keamanan wilayah yang dikunjungi oleh VVIP.

Penulis : FNID