Fahd A Rafiq Apresiasi Era Baru Pertahanan Indonesia: Pesawat Super Hercules dan Helikopter Modern Siap Diterbangkan

Ketua Umum DPP Bapera, Fahd A Rafiq memberikan apresiasi terhadap era baru pertahanan Indonesia, yakni kedatangan pesawat C-130J-30 Super Hercules A-1344.

Fahd A Rafiq Apresiasi Era Baru Pertahanan Indonesia: Pesawat Super Hercules dan Helikopter Modern Siap Diterbangkan
Fahd A Rafiq Apresiasi Era Baru Pertahanan Indonesia: Pesawat Super Hercules dan Helikopter Modern Siap Diterbangkan. Gambar : Istimewa

BaperaNews - Sebuah pagelaran megah terjadi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Rabu (24/1), ketika Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyaksikan penyerahan pesawat C-130J-30 Super Hercules A-1344.

Dalam pernyataannya, Presiden Jokowi menegaskan bahwa kehadiran pesawat Super Hercules tersebut menandai babak baru dalam operasional TNI.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq mengungkapkan apresiasi dan juga menyebut bahwa ini merupakan investasi yang baik bagi Indonesia karena dapat memberikan keamanan dan stabilitasnya di seluruh wilayah Indonesia.

"Apresiasi tinggi atas langkah pemerintah dalam memperkuat pertahanan Indonesia dengan pengadaan pesawat Super Hercules. Ini adalah langkah strategis untuk menjaga keamanan dan kedaulatan Indonesia, serta mendukung operasional TNI dalam berbagai misi." Ujar Fahd A Rafiq, Sabtu (27/1).

Pesawat angkut ini memiliki kapasitas mengesankan, mampu membawa hingga 120 prajurit dan muatan seberat 20-an ton. Keunggulan lainnya termasuk kemampuan lepas landas dan mendarat di landasan pacu pendek serta kemampuan terbang nonstop hingga 11 jam.

Baca Juga : Fahd A Rafiq Dukung Penguatan Tata Kelola Program Kartu Prakerja

Kelebihan ini menjadikan Super Hercules sangat cocok untuk Indonesia, yang terdiri dari kepulauan dengan landasan pacu yang terkadang pendek.

Pesawat ini merupakan bagian dari pesanan lima pesawat yang dipesan oleh Kementerian Pertahanan untuk memperkuat armada pesawat angkut TNI AU. Pesawat kelima, A-1342, dijadwalkan tiba pada bulan April 2024.

Sebelumnya, tiga pesawat telah diserahkan kepada TNI AU pada tanggal 6 Maret 2023 (A-1339), 22 Juni 2023 (A-1340), dan 3 Agustus 2023 (A-1343).

“Kehadiran pesawat Super Hercules dan modernisasi helikopter merupakan investasi yang tepat untuk memastikan keamanan dan stabilitas di seluruh wilayah Indonesia." Ujar Fahd A Rafiq, Sabtu (27/1).

Selain penyerahan pesawat, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga menyerahkan hasil refurbishment helikopter Fennec dan suku cadangnya kepada TNI AD serta hasil refurbishment dan suku cadang kritis helikopter Panther AS 565 MBE kepada TNI AL.

Presiden Jokowi menilai kehadiran helikopter-helikopter modern ini sangat penting dan dapat mendukung kapal perang atau fregat TNI.

Dengan peningkatan ini, Indonesia semakin siap menghadapi tantangan keamanan dan kemanusiaan, serta meningkatkan kapabilitas pertahanan negara.

Penulis : AG

Baca Juga : Fahd A Rafiq Mendukung Menteri Komunikasi dan Informatika Ajak Generasi Muda Palembang Menyikapi Pemilu 2024 dengan Bijak