F1 GP Inggris 2022 Jadi Kecelakaan Horor, Mobil Zhou Guanyu Meluncur Terbalik

Mulainya F1 GP Inggris 2022 diwarnai dengan kecelakaan horor yang terjadi oleh pembalap Alfa Romeo, Zhou Guanyu di tikungan pertama.

F1 GP Inggris 2022 Jadi Kecelakaan Horor, Mobil Zhou Guanyu Meluncur Terbalik
Mobik Zhou Guanyu meluncur terbalik di F1 GP Inggris 2022. Gambar : AP

BaperaNews - Ajang balap mobil F1 GP Inggris diwarnai dengan kecelakaan horor, terjadi pada pembalap Alfa Romeo, Zhou Guanyu di tikungan pertama. Ketika balapan baru dimulai dan sejumlah pembalap bersiap melewati tikungan pertama, mobil-mobil pembalap bersenggolan dan saling menabrak.

Dampak paling parah, mobil milik Zhou Guanyu meluncur dalam posisi terbalik hingga keluar jalur lintasan, Zhou bersama mobilnya bahkan terus meluncur melewati gravel dalam kondisi terbalik hingga sempat berputar 360 derajat sebelum berhenti setelah menabrak tembok pembatas berlapis barikade ban.

Tim dan pihak medis langsung berlari memberi pertolongan, Zhou Guanyu masih dalam kondisi sadar ketika dikeluarkan dari mobilnya di balapan F1 GP Inggris, ia pun dibawa ke ruang medis. “Dia sadar, bisa bicara, dan tidak patah tulang. Ia dalam kondisi baik” ujar Jubir FIA.

Akibat kecelakaan horor tersebut, red flag dikibarkan dan balapan F1 GP Inggris ditunda dan harus melakukan start ulang.

Dalam unggahan terbaru Alfa Romeo, Zhou dinyatakan dalam kondisi baik dan tidak mengalami luka yang serius. “Zhou Guanyu dinyatakan fit dan tidak bisa keluar dari ruang medis sirkuit” tulisnya.

Balapan kemudian diulang dari awal setelah lokasi kecelakaan horor tersebut dibersihkan. Hasil F1 Inggris 2022, pembalap Ferrari, Carlos Sainz jadi juara. Bagi Sainz, ini ialah kemenangan pertamanya sepanjang karirnya sebagai pembalap F1, ia sudah membalap sejak tahun 2015 dan baru kali ini jadi pemenang.

Baca Juga : Indonesia Raih Satu Gelar Malaysia Open 2022, Siap Hadapi Malaysia Master 2022

“Saya tak tahu apa yang harus dikatakan, sungguh luar biasa, ini ialah hari yang sangat special dan saya tidak akan pernah melupakannya” ujar Sainz usai balapan.

Di belakang Sainz, ada pembalap Sergio perez dan Hamilton di peringkat kedua dan ketiga di F1 Inggris 2022. “Saya telah memberikan segalanya, selamat untuk Sainz, ini ialah bonus bagi kami bisa berdiri di podium, kami akan terus berusaha keras sebisa kami” imbuh Hamilton.

Sedangkan, Zhou Guanyu saat ini sudah mendapatkan perawatan medis, ia tidak melanjutkan balapan di F1 GP Inggris, namun dokter menyatakan Zhou dalam kondisi fit dan tidak mengalami masalah serius. Tentu hal ini membuat lega semua fans dan tim F1 Inggris mengingat kecelakaan yang dialami Zhou Guanyu cukup mengerikan.

Zhou Guanyu sendiri masih dalam proses pemulihan dan diwajibkan istirahat terlebih dahulu.