Dirjen Aptika Kominfo Mundur Diduga Imbas Kasus Peretasan PDNS

Semuel Abrijani Pangerapan, Dirjen Aptika Kominfo, mengundurkan diri usai kasus peretasan PDNS 2 oleh Brain Cipher. Baca selengkapnya di sini!

Dirjen Aptika Kominfo Mundur Diduga Imbas Kasus Peretasan PDNS
Dirjen Aptika Kominfo Mundur Diduga Imbas Kasus Peretasan PDNS. Gambar: itworks.id

BaperaNews - Pada hari ini, Kamis (4/6), Semuel Abrijani Pangerapan, Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), mengumumkan resmi ajukan pengunduran diri.

Pengunduran diri ini menjadi sorotan banyak pihak karena diduga erat kaitannya dengan kasus peretasan PDNS 2 oleh kelompok peretas bernama Brain Cipher.

Dalam pernyataannya, Semuel mengungkapkan bahwa pengunduran dirinya adalah bentuk tanggung jawab moral atas insiden peretasan PDN tersebut. S

ebagai Dirjen Aptika Kominfo, Semuel merasa memiliki tanggung jawab penuh dalam penyelesaian kasus ini.

"Kejadian ini, bagaimanapun juga, secara teknis adalah tanggung jawab saya sebagai dirjen pengampu secara teknis, jadi saya mengambil tanggung jawab ini dan saya menyatakan harusnya selesai di saya. Ini masalah yang harusnya saya tangani dengan baik, itu adalah alasan," ungkap SEmuel Abrijani.

Semuel menjelaskan bahwa surat pengunduran dirinya sudah diajukan kepada Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi pada 1 Juli. Ia juga menegaskan bahwa penggantinya akan diumumkan dalam waktu dekat.

"Saya menyatakan, per tanggal 1 Juli kemarin, saya sudah mengajukan pengunduran diri saya secara lisan dan suratnya sudah saya serahkan kemarin kepada Menteri Kominfo. Ya nanti akan ditindaklanjuti segera," ujarnya.

Baca Juga: PDN Diserang, BSSN Mulai Tingkatkan Keamanan Siber Nasional

Terkait proses pemulihan PDNS 2, Semuel Abrijani menjelaskan bahwa upaya pemulihan terus dilakukan. Dia juga mengungkapkan bahwa kunci untuk membuka data yang diunggah oleh Brain Cipher sedang diupayakan untuk digunakan di spesimen yang dimiliki oleh Kementerian Kominfo. 

"Kami juga mendapatkan, tapi ini lagi dikerjakan dan kita coba di spesimen kita memang berhasil dibuka, tapi kita belum tahu karena kan yang dikunci banyak, itu lagi dikerjakan teman-teman teknis. Jangan tanyakan terlalu dalam, saya hanya tahu itunya saja," jelasnya.

Meski telah mundur dari jabatannya, Semuel tidak berniat untuk berhenti berkarya. Dia berencana untuk kembali berkarier di sektor swasta setelah delapan tahun menjabat sebagai Dirjen Aptika.

"Pastinya, saya akan fokus pada transformasi digital Indonesia, kan membangun Indonesia tidak hanya dari pemerintah, kan dulu saya dari swasta, jadi saya baliklah," katanya.

Semuel juga menyampaikan rasa terima kasih dan permohonan maafnya kepada rekan-rekan kerja selama masa jabatannya.

"Tidak terasa sudah delapan tahun saya bertemu teman-teman, karena semua ada waktunya, ini waktunya saya berpisah. Saya menyatakan per tanggal 1 juli kemarin sudah saya ajukan pengunduran diri saya secara lisan dan suratnya sudah saya sampaikan kemarin," ujarnya di Kantor Kominfo pada Kamis (4/7). 

"Terimakasih atas kerja samanya selama ini dan saya mohon maaf apabila ada kesalahan dan perkataan saya yang tidak berkenan," tambahnya.

Baca Juga: Pusat Data Nasional Dibebaskan Hacker Gratis