Bupati Paluta Buka STQH Ke-IV Tingkat Kab Paluta Tahun 1444 H/2023 M

Bupati Paluta Andar Amin Harahap, S.STP., M.SI secara resmi membuka STQH ke IV tingkat Kabupaten Paluta tahun 1444 H/2023 M.

Bupati Paluta Buka STQH Ke-IV Tingkat Kab Paluta Tahun 1444 H/2023 M
Bupati Paluta Buka STQH Ke-IV Tingkat Kab Paluta Tahun 1444 H/2023 M. Gambar : Istimewa

Paluta, BaperaNews - Bupati Paluta Andar Amin Harahap, S.STP., M.SI., secara resmi membuka Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) ke IV tingkat Kabupaten Paluta Tahun 1444 H/2023 M di Lapangan SMP Negeri 1 Kecamatan Dolok, pada Selasa (7/3).

STQH ke IV tingkat Kabupaten Paluta tahun ini mengusung tema “Menjadikan Alquran sebagai sumber inspirasi dan perdoman dalam berperilaku untuk mewujudkan Padang Lawas Utara yang beriman, cerdas, maju dan beradat.”

Dalam acara tersebut turut hadir, Bupati Paluta Andar Amin Harahap, S.STP,M.SI., Wakil Bupati Paluta H. Hariro Harahap, SE., M.SI., Ketua DPRD Kabupaten Paluta Mukhlis Harahap, S.HI, M.SI., Wakil Ketua DPRD Kabupaten Paluta Basri Harahap.

Selain itu, tutur hadir juga Dandim 0212/TS Letkol Inf. Amrizal Nasution, Kapolres Tapsel AKBP Imam Zamroni S.IK., M., Kejari Paluta Hartam Ediyanto, SH., M.Hum., Sekretaris Daerah Patuan Rahmat Syukur P. Hasibuan, S.STP., MM, Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam Parmeraan Dolok Kyai H. Abdullah Efendi Ritonga, BA, Kakan Kemenag Drs. Safiruddin Harahap, M.PD, Para Asisten dan Staf Ahli 12. 

Kemudian, ada Pimpinan OPD, Ketua Baznas H. Kosim Pohan, BA, Camat se Kabupaten Paluta, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Paluta dan para tamu undangan lainnya. 

Ketua Umum Panitia STQH Asisten I Syarifuddin Harahap, S.Sos., MM., dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan STQH ke IV tingkat Kabupaten Paluta dijadwalkan akan digelar selama 2 hari yakni pada 7-8 Maret 2023, dan pemenang STQH ke IV tingkat Kabupaten Paluta tahun 2023 nantinya akan mewakili Kabupaten Paluta pada pelaksanaan STQH tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut). 

Senada, Camat Dolok Akhirul Razak Siregar mengatakan, sebagai tuan rumah tentu pihaknya merasa bangga bersama masyarakat atas digelarnya STQH ke VI tingkat Kabupaten Paluta di Kecamatan Dolok untuk yang pertama kalinya. 

Oleh karena itu, pihaknya akan berusaha sedaya mampu untuk menjaga dan mengupayakan pelaksanaan STQH ke IV tingkat Kabupaten Paluta tahun 2023 agar berjalan dengan baik hingga selesai nanti.

Sementara itu, Bupati Padang Lawas Utara Andar Amin Harahap, S.STP., M.Si., saat membuka Seleksi Peserta STQH ke IV Tingkat Kabupaten Paluta Tahun 2023 menyampaikan bahwa Pemkab Paluta sangat mendukung dan mengapresiasi penyelenggaraan STQH ke IV Tingkat Kabupaten Paluta untuk mendorong terwujudnya masyarakat Paluta  yang Beriman, Cerdas, Maju dan Beradat.

“Selain sebagai sarana menjaring Qori dan Qoriah, STQH ini juga upaya menggelorakan syiar Islam hingga pelosok desa, karena itu STQH kali ini sengaja kita gelar di kecamatan ini bukan hanya sekedar menjadi ajang perlombaan semata, tapi lebih dari itu harus dijadikan sebagai peneguhan syiar islam sehingga Qori dan Qoriah yang lahir melalui perhelatan akbar ini dapat menjadi sumber cahaya yang menerangi kehidupan masyarakat Kabupaten Padang Lawas Utara,” harapnya.

Kegiatan STQH ini memperlombakan 10 cabang antara lain Tilawah anak-anak, Tilawah Dewasa, Tahfidz Qur’an 1 juz dan tilawah, Tahfidz Qur’an 5 juz dan tilawah, Tahfidz Qur’an 10 juz, Tahfidz Qur’an 20 juz, Tahfidz Qur’an 30 juz, Tafsir Bahasa Arab, 100 Hadist Nabi dan 500 Hadist Nabi sehingga akan menghasilkan 60 juara atau pemenang.

Bupati dan Wakil Bupati Paluta beserta jajaran juga memberikan bantuan Baznas kepada masyarakat fakir miskin sebanyak 300 orang dan Bilal Mayit sebanyak 50 orang yang bersumber dari Zakat ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara.

Penulis : Haryan Harahap.