Bikin Sedih, Irfan Hakim Deep Talk dengan Sapi Kurbannya Sebelum Disembelih

Cerita mengharukan Irfan Hakim bersama sapi Condrosimo alias Momo di momen Idul Adha 2024. Simak selengkapnya di sini!

Bikin Sedih, Irfan Hakim Deep Talk dengan Sapi Kurbannya Sebelum Disembelih
Bikin Sedih, Irfan Hakim Deep Talk dengan Sapi Kurbannya Sebelum Disembelih. Gambar: Instagram/@irfanhakim

BaperaNews - Momen Idul Adha tahun ini membawa perasaan campur aduk bagi presenter Irfan Hakim. Kebahagiaan dan kesedihan menyelimuti hatinya.

Irfan merasa bersyukur masih diberikan keberkahan dan umur panjang untuk merayakan Hari Raya Idul Adha 2024. Namun, di balik kebahagiaan itu, tersimpan rasa sedih karena harus berpisah dengan sapi-sapi peliharaannya yang sudah dirawat dengan penuh kasih sayang.

Irfan Hakim tidak hanya berkurban satu ekor sapi, melainkan tiga ekor sapi jumbo sekaligus. Salah satu sapi Irfan Hakim yang jumbo dan paling istimewa bernama Condrosimo atau akrab disapa Momo. Momo adalah sapi dengan tubuh besar dan bulu hitam putih yang sudah menjadi bagian dari keluarga Irfan.

Di malam takbiran sebelum penyembelihan, Irfan mendatangi peternakannya untuk mengucapkan salam perpisahan kepada Momo. Dalam video yang diunggah di TikTok pada Selasa (18/6) terlihat momen haru ketika Irfan berbicara dengan Momo.

Irfan memulai percakapan dengan memuji Momo yang pernah memenangkan kejuaraan.

"Kamu pernah jadi juara loh pas masih mudanya," kata Irfan. 

Momo, seolah mengerti, merespons dengan menggoyangkan kepalanya. Bahkan, ketika diminta menaruh kepalanya di pangkuan Irfan, Momo langsung menurut.

Baca Juga: Bukti Toleransi, Hampir Separuh Sapi Kurban di Istiqlal Sumbangan dari NonMuslim

Sambil mengusap kepala Momo, Irfan menjelaskan alasannya tidak mengikutsertakan sapi kurban tersebut dalam perlombaan tahun ini. 

"Nggak apa-apa aku putusin nggak ikut (lomba) kan? Karena kamu kan sudah mau dikurbankan, nggak perlu ikut kejuaraan kamu sudah jadi juara buat aku," ujar Irfan dengan suara lembut.

"Juara banget, juara di hati. Juaranya bukan di dunia lagi tapi akhirat," tambahnya.

Suasana menjadi semakin haru ketika Momo tidak merespons saat Irfan Hakim menyinggung soal hari kurban esok paginya. Irfan berusaha menenangkan Momo agar tidak mengamuk saat hendak disembelih.

Karena lama merawat Momo, Irfan merasa punya ikatan batin tersendiri dengan sapi tersebut. Ia pun tampak sangat sedih ketika harus merelakan Momo untuk dikurbankan. 

"Siap nggak besok? Mo, besok siap nggak? Kok merem? Deg-degan ya besok? Aku juga. Jangan ngamuk ya, santai aja," kata Irfan dengan nada cemas.

Irfan juga meminta maaf pada Momo karena harus menyembelihnya sebagai hewan kurban.

"Maaf ya Mo, nanti sehat-sehat ya Mo. Nanti dampingin Zeny juga ya, dampingin yang lainnya," ujar Irfan penuh harap.

@baperanews.com Irfan merasa bersyukur masih diberikan keberkahan dan umur panjang untuk merayakan Hari Raya Idul Adha 2024. Namun, di balik kebahagiaan itu, tersimpan rasa sedih karena harus berpisah dengan sapi-sapi peliharaannya yang sudah dirawat dengan penuh kasih sayang. Irfan Hakim tidak hanya berkurban satu ekor sapi, melainkan tiga ekor sapi jumbo sekaligus. Salah satu sapi Irfan Hakim yang jumbo dan paling istimewa bernama Condrosimo atau akrab disapa Momo. Momo adalah sapi dengan tubuh besar dan bulu hitam putih yang sudah menjadi bagian dari keluarga Irfan. Di malam takbiran sebelum penyembelihan, Irfan mendatangi peternakannya untuk mengucapkan salam perpisahan kepada Momo. Dalam video yang diunggah di TikTok pada Selasa (18/6) terlihat momen haru ketika Irfan berbicara dengan Momo. Irfan memulai percakapan dengan memuji Momo yang pernah memenangkan kejuaraan #irfanhakim #sapi #iduladha #sedih #perpisahan ♬ Takbiran - Nursilian

Baca Juga: Sapi Termahal di Dunia Capai Rp65,8 M hingga Punya Pengawal