Berikut 2 Cara Cek Nomor Porsi Haji dan Perkiraan Tanggal Berangkat Haji

Calon jemaah haji yang ingin menunaikan ibadah tahun ini bisa memeriksa nomor porsi haji dan perkiraan tanggal berangkat haji. Berikut cara cek nomor porsi haji di situs Kemenag dan Aplikasi Pusaka.

Berikut 2 Cara Cek Nomor Porsi Haji dan Perkiraan Tanggal Berangkat Haji
2 Cara cek nomor porsi haji dan perkiraan tanggal berangkat haji. Gambar : unsplash.com/Dok. Haidan

BaperaNews - Indonesia mendapat  221 ribu kuota haji untuk tahun 2023 ini, calon Jemaah haji bisa memeriksa nomor porsi haji dan perkiraan tanggal berangkat haji untuk mengetahui kapan sekiranya mendapat giliran menjalankan ibadah haji.

Dilansir dari situs resmi Kementrian Agama (Kemenag), dijelaskan bahwa 221 ribu kuota haji Indonesia terdiri dari 203.200 haji reguler dan 17.680 haji khusus, untuk petugas ada 4.200 orang.

Tahun 2023 ini juga tidak lagi diterapkan batas usia Jemaah haji seperti tahun sebelumnya ketika pandemi Covid-19 yang membatasi usia Jemaah haji maksimal 65 tahun.

Kini calon Jemaah haji berumur lebih dari 65 tahun juga diperbolehkan berangkat. Nah, cara cek nomor porsi haji terdapat 2 cara yakni melalui situs Kemenag dan Aplikasi Pusaka untuk bisa mengetahui kapan perkiraan tanggal berangkat haji sesuai antrian yang ada di seluruh Indonesia.

Berikut cara cek nomor porsi haji di situs Kemenag dan cara cek nomor porsi haji di Aplikasi Pusaka yang sudah dirangkum oleh Tim Redaksi Bapera News. 

Baca Juga : Menag Yaqut Cholil: Kuota Haji Tahun Ini 221 Ribu Dan Tidak Ada Batasan Usia

Cara Cek Nomor Porsi Haji di Situs Kemenag:

  • Buka https://haji.kemenag.go.id/v4/.
  • Arahkan halaman ke bawah sampai ketemu “Perkiraan Berangkat”.
  • Masukkan nomor porsi pada kolom pencarian, klik “Cari”.
  • Informasi perkiraan tahun keberangkatan akan tampil, berupa nama lengkap, kota atau kabupaten asal Jemaah, posisi nomor porsi haji saat ini sesuai jumlah kuota, dan tanggal perkiraan kapan berangkat haji dalam tahun masehi dan tahun hijriah.

Sebagai informasi, nomor porsi haji sendiri ialah 10 digit nomor identitas yang isinya perkiraan tanggal berangkat ke tanah suci, nomor bisa dilihat di berkas pendaftaran haji yang diterbitkan oleh Kemenag Kabupaten atau Kota, Jemaah haji yang mendaftar haji otomatis mendapat nomor porsi haji.

Cek nomor porsi haji juga bisa melalui aplikasi Pusaka, aplikasi Pusaka ialah aplikasi dari Kemenag yang bisa didownload gratis di Google Play Store dan App Store. Berikut cara cek nomor porsi haji di Aplikasi Pusaka.

Cara Cek Nomor Porsi Haji di Aplikasi Pusaka:

  • Buka aplikasi Pusaka.
  • Pilih menu “Islam”.
  • Pilih menu “Layanan haji dan umroh” kemudian “Estimasi keberangkatan”.
  • Klik nomor porsi haji, akan muncul informasi perkiraan tanggal berangkat haji sesuai dengan identitas serta kuota haji yang ada.

Beberapa hal yang perlu diketahui terkait perkiraan tanggal berangkat haji.

Hal Terkait Perkiraan Tanggal Berangkat Haji: 

  • Tanggal bisa berubah sesuai dengan regulasi, kuota yang tersedia, dan lainnya.
  • Perkiraan tanggal berangkat haji dihitung untuk Jemaah haji yang belum berangkat atau pernah batal berangkat.
  • Selama dilakukan masa operasional haji, akan muncul perubahan tahun awal menjadi tahun berikutnya sebagai antisipasi, perkiraan berangkat semua Jemaah dalam status poin dua dari musim haji selanjutnya.
  • Jika nomor porsi haji muncul, bisa dicek kembali setelah masa operasional haji selesai.

Sekian informasi tentang cara cek nomor porsi haji di situs Kemenag dan cara cek nomor porsi haji di Aplikasi Pusaka, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Kemenkes Resmi Hapus Vaksin Meningitis Jadi Syarat Untuk Umroh