BMKG Sebut 29 Wilayah Indonesia Akan Diguyur Hujan Hingga Akhir Pekan

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan bahwa 29 wilayah Indonesia akan dilanda hujan lebat hingga akhir pekan.

BMKG Sebut 29 Wilayah Indonesia Akan Diguyur Hujan Hingga Akhir Pekan
BMKG sebut 29 wilayah Indonesia akan digujur hujan hingga akhir pekan ini. Gambar : ANTARA FOTO

BaperaNews - Beberapa hari belakangan cuaca mulai basah, hujan turun di berbagai daerah terutama di siang atau sore hari, sejumlah wilayah Indonesia bahkan mengalami banjir. BMKG (Badan Meteorologi dan Geofisika) mengungkap 29 wilayah Indonesia yang diperkirakan akan hujan lebat dalam seminggu ini.

Kepala Bidang Peringatan Dini BMKG, Miming Saepudin menjelaskan hujan lebat yang terjadi akhir-akhir ini terjadi karena sejumlah faktor alam.

“Ada tiga atmosfer yang aktif bersamaan, diistilahkan Gelombang Kelvin, Kemudian Rossby Ekuator, dan Madden Julian Oscillation (MJO), hal ini membuat peningkatan curah hujan terjadi” ujarnya.

MJO sendiri ialah sirkulasi atmosfer dalam skala besar yang menyebar ke timur, berasal dari Samudra Hindia Barat, bergerak di daerah tropis dengan kecepatan 5-10 meter per detik selama 30 – 60 hari. Sedangkan Rossby Ekuator ialah gelombang atmosfer bergerak ke barat di sepanjang wilayah ekuator selama 72 hari, umumnya bertahan 7-10 hari di Indonesia.

Dan Gelombang Kelvin ialah gelombang atmosfer yang mirip MJO, namun lebih pendek, selama 2,5 – 20 hari. Dari hasil analisis BMKG, gerakan atmosfer mengalami belokan dan perlambatan kecepatan angin sehingga membuat pola MJO berinteraksi dengan Gelombang Kelvin dan Rossby Ekuator.

“Sehingga bisa memaksimalkan potensi adanya pertumbuhan awan hujan di Indonesia dalam beberapa hari ke depan” ungkap BMKG.

Baca Juga : Akibat Diterjang Banjir, Tembok Roboh Di MTsN 19 Jakarta Menewaskan 3 Orang

Berikut 29 wilayah Indonesia yang diperkirakan akan diguyur hujan deras pada 2-8 Oktober 2022 menurut BMKG :

  1. Aceh
  2. Sumatera Utara
  3. Sumatra Barat
  4. Riau
  5. Bangka Belitung
  6. Jambi
  7. Sumatera Selatan
  8. Banten
  9. Lampung
  10. Jakarta
  11. Jawa Tengah
  12. Jawa Barat
  13. Yogyakarta
  14. Bali
  15. Jawa Timur
  16. Nusa Tenggara Barat
  17. Kalimantan Timur
  18. Kalimantan Barat
  19. Kalimantan Tengah
  20. Kalimantan Utara
  21. Sulawesi Tengah
  22. Sulawesi Utara
  23. Papua Barat
  24. Sulawesi Tenggara
  25. Papua
  26. Sulawesi Barat
  27. Sulawesi Selatan
  28. Bengkulu
  29. Sulawesi Tengah

Warga yang berada di 29 wilayah tersebut dihimbau untuk antisipasi dini, gunakan peralatan seperti jas hujan ketika berkendara dengan sepeda motor atau sepeda, sebaiknya hindari bepergian di sepanjang masa hujan lebat dan pastikan adanya tanda bahaya bencana alam seperti angin kencang, longsor, banjir bandang, puting beliung, atau gelombang tinggi.

Baca Juga : Gagal Nikah, Pengantin Pria Tewas Tersambar Petir Saat Foto Prewedding