Bantah Putin Sakit Kanker, Menlu Rusia: Anda Bisa Melihatnya Di TV

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov membantah adanya rumor yang beredar tentang kondisi kesehatan Presiden Rusia, Vladimir Putin yang disebut sakit kanker.

Bantah Putin Sakit Kanker, Menlu Rusia: Anda Bisa Melihatnya Di TV
Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov. Gambar : AFP/ Dok. FABRICE COFFRINI

BaperaNews - Menteri Luar (Menlu) Negeri Rusia, Sergey Lavrov membantah adanya rumor yang beredar tentang kondisi kesehatan Presiden Rusia, Vladimir Putin yang disebut sakit kanker. “Presiden Putin tampil kepada publik setiap hari, Anda bisa melihatnya di TV, bisa membaca atau mendengar pidatonya, saya pikir orang tidak sadar akan mencurigai tanda penyakit pada beliau ini” ujar Menteri Luar (Menlu) Negeri Rusia, Sergey Lavrov hari Minggu 29 Mei 2022.

“Saya akan serahkan kepada hati nurani orang-orang yang menyebar rumor itu meskipun tiap orang mempunyai kesempatan untuk melihat seperti apa ia dan orang lain” imbuhnya.

Sebelumnya sebuah media massa Eropa dan Amerika Serikat seperti New York Post, Marca, The Independent, Business Insider, dan Standar memberitakan bahwa Putin sedang mengalami sakit kanker darah.

Marca yang mengutip dari New Lines Magazine menceritakan Putin sedang sakit kanker darah, dimana hal ini dikabarkan dari seorang tokoh oligarki yang dekat dengan Kremlin (Pusat Pemerintahan Rusia). Sosok oligarki tersebut disamarkan identitasnya, disebut sebagai Yuri.

Yuri menjelaskan bahwa Putin sakit kanker darah dan terlihat menggila, mereka yang menyatakan hal tersebut juga mengatakan ingin Putin segera meninggal dunia karena sudah membuat ekonomi Rusia rusak.

Baca Juga : Media Swiss Soroti Netizen Indonesia Imbas Beri Bintang Satu Di Ulasan Sungai Aare

Selain itu juga The Independent, mengabarkan bahwa seorang pejabat dari FSB (Layanan Keamanan Federal) sempat mengklaim sisa waktu hidup Putin hanya tinggal dua hingga tiga tahun lagi dan mengklaim bahwa penyakit kanker di tubuh Putin sedang berkembang pesat.

Kemudian dari Karpichkov yang mengaku mendapat informasi dari mata-mata Rusia, mengatakan Putin sering sakit kepala dan kabur pandangannya, “Kami diberitahu bahwa Putin sakit kepala dan saat muncul di TV, ia membutuhkan selembar kertas, semua yang ingin dikatakan ditulis dalam huruf besar untuk kemudian dibaca karena penglihatannya benar-benar memburuk” ujarnya.

Tak hanya itu, Sergey juga menyampaikan bahwa Putin akan hadir di acara perayaan ulang tahun Rusia yang ke 70 pada Oktober 2022 mendatang.

Putin dan kehidupan pribadinya serta kesehatannya di Rusia ialah sebuah hal yang tabu untuk dibicarakan, keduanya hampir tidak pernah menjadi konsumsi publik, dianggap sebagai sebuah urusan yang tidak perlu untuk diberitahukan kepada siapapun.

Putin saat ini memang jadi sorotan dunia, ia sudah memimpin Rusia selama dua dekade.