Ayo Daftar Kartu Prakerja 2023! Bakal Ada Insentif Rp 4.2 Juta

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia akan melanjutkan program Kartu Prakerja 2023. Dikabarkan insentif Kartu Prakerja 2023 lebih tinggi dari gelombang sebelumnya.

Ayo Daftar Kartu Prakerja 2023! Bakal Ada Insentif Rp 4.2 Juta
Daftar kartu Prakerja 2023. Gambar : ANTARA/Aditya Pradana Putra

BaperaNews - Memasuki awal tahun 2023, pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia akan melanjutkan program Kartu Prakerja 2023. Bahkan, ada penambahan jumlah insentif Kartu Prakerja 2023 yang akan diterima oleh setiap pesertanya. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa akan ada perubahan skema Kartu Prakerja, yaitu dari semula bantuan sosial (bansos) menjadi skema normal pada 2023. Adapun skema normal yang dimaksud adalah peningkatan kompetensi dan keahlian.

"Pada tahun 2023 ini, Program Kartu Prakerja bakal hadir dengan skema normal, kami juga menargetkan peserta Kartu Prakerja mencapai 1 juta penerima. Dengan skema normal ini, metode pelatihan akan dilakukan secara offline, online, dan hybrid serta insentif yang diberikan akan dilakukan penyesuaian," jelas Airlangga Hartarto pada Senin, (2/1).

Skema normal inilah yang menjadi alasan pemerintah menambah jumlah insentif Kartu Prakerja 2023. Adapun rincian insentif Kartu Prakerja 2023 sebesar Rp 4,2 juta yang akan diterima masing-masing peserta kartu Prakerja. 

Adapun rincian bantuan biaya pelatihan Rp 3,5 juta, insentif pasca pelatihan Rp 600.000 yang akan diberikan sebanyak 1 kali, dan insentif survei sebesar Rp 100.000 untuk dua kali pengisian survei.

Menko Airlangga Hartarto secara gamblang mengatakan jumlah anggaran Kartu Prakerja 2023 bakal lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yaitu sebesar Rp 5 triliun bagi 1,5 juta peserta Kartu Prakerja 2023.

Jika kamu berminat untuk daftar Kartu Prakerja 2023, berikut syarat daftar Kartu Prakerja 2023, cara daftar Kartu Prakerja 2023, hingga informasi kapan Kartu Prakerja 2023 dibuka yang telah dirangkum oleh tim Redaksi Bapera News. 

Baca Juga : Menko Airlangga : Pelatihan Kartu Prakerja Akan Tatap Muka Pada Kuartal I 2023

Syarat Daftar Kartu Prakerja 2023

Berikut informasi syarat daftar Kartu Prakerja 2023 yang sudah Tim Redaksi Bapera News rangkum dari laman resmi prakerja.go.id.

Syarat Daftar Kartu Prakerja 2023 : 

  1. WNI berusia 18 tahun ke atas.
  2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  3. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.
  4. Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19.
  5. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
  6. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Cara Daftar kartu Prakerja 2023

Berikut informasi cara daftar Kartu Prakerja 2023 yang sudah Tim Redaksi Bapera News rangkum dari laman resmi prakerja.go.id.

Cara Daftar Kartu Prakerja 2023 : 

  1. Buka laman website prakerja.go.id.
  2. Klik daftar sekarang atau klik masuk bagi kamu yang sudah pernah mendaftar.
  3. Siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK.
  4. Masukkan data diri serta ikuti petunjuk yang tertera pada layar.
  5. Siapkan alat untuk mengikuti ujian seperti kertas dan alat tulis. Hal ini untuk mengerjakan serangkaian Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar yang dilakukan secara online.
  6. Tekan tombol 'Gabung'.
  7. Tunggu pengumuman peserta yang lolos gelombang di laman dashboard prakerja.go.id.

Kapan Kartu Prakerja 2023 dibuka? Hingga berita ini disampaikan pihak terkait belum menyampaikan kapan Kartu Prakerja 2023 dibuka, jadi ditunggu saja ya, jangan sampai ketinggalan untuk daftar Kartu Prakerja 2023! 

Baca Juga : Kementerian ESDM: Tarif Listrik Januari-Maret 2023 Tidak Naik!